bdadinfo.com

Kandungan Gizi Kedelai dan Tempe, Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 63 64 Semester 2 Kurikulum 2013 - News

Diskusi IPA kelas 9 halaman 63 64 Semester 2 Kurikulum 2013

Kunci jawaban IPA kelas 9 berikut dikutip dari Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas IX Semester 2 karya Siti Zubaidah, dkk. edisi revisi 2018 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban IPA kelas 9 Ayo Diskusi halaman 63 64 ini memuat materi tentang kandungan gizi kedelai dan tempe, 'mengapa mengonsumsi tempe dianggap lebih baik ketimbang kedelai?'.

Kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 63 64 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Mata Normal, Cermin Datar dan Lensa Cembung, Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 226 227 Bagian B

Ayo Diskusi

Coba kamu diskusikan beberapa pertanyaan berikut.

1. Berdasarkan Tabel 7.3, sebagian besar zat gizi pada tempe lebih rendah daripada zat gizi pada kedelai, tetapi mengapa mengonsumsi tempe dianggap lebih baik daripada mengonsumsi kedelai? Apakah keuntungan dari mengonsumsi tempe?

Kunci jawaban:

Karena tempe telah mengalami fermentasi sehingga mudah dicerna dalam tubuh bagi orang yang mengonsuminya serta bisa dibuat macam-macam makanan, seperti tempe goreng, orek tempe, cokelat tempe, dan sebagainya.

Baca Juga: Kunci Jawaban LKS IPA Fisika Kelas 10 Latihan Tengah Semester HOTS Nomor 1 2 3 Halaman 63 64 Kurikulum Merdeka

2. Menurut kamu, mengapa terdapat perbedaan kandungan gizi pada kedelai dan tempe?

Kunci jawaban:

Karena dalam tempe terdapat jamur Rhizopus oryzae yang melakukan fermentasi pada kedelai yang merupakan bahan baku tempe. Fermentasi tersebut akan mengurai kandungan gizi pada kedelai sehingga komponennya lebih sederhana dan mudah dicerna oleh tubuh.

Baca Juga: Panjang Gelombang, Cepat Rambat, Frekuensi dan Periode, Kunci Jawaban IPA Kelas 8 Semester 2 Halaman 126

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat