bdadinfo.com

Judul, Pengarang dan Buku Catatan Penting Puisi, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Halaman 126 - News

Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 126 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban kelas 8 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VIII karya E. Kosasih edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 126 ini memuat materi tentang judul buku referensi dan buku catatan penting, puisi.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 8 halaman 126 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Pidato Severn Suzuki, Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 44 Kurikulum 2013

Datarkanlah buku-buku referensi yang sesuai dengan materi di dalam pembelajaran ini. Jelaskan pula isi dari setiap buku itu secara ringkas.

1) Judul: Nyanyian Akar Rumput

Pengarang: Wiji Thukul

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 

Buku catatan penting: Puisi-puisinya kebanyakan bertema kehidupan rakyat, kemiskinan, dan penderitaan yang disesuaikan dengan situasi pada masa itu. Lata pengantar buku ditulis oleh Munir Said Thalib, aktivis dan pejuang HAM Indonesia sepanjang delapan halaman, kemudian dilanjutkan dengan puisi-puisi karya Wiji Thukul yang dibagi dalam tujuh bagian.

2) Judul: Ayat-ayat Api

Pengarang: Sapardi Djoko Damono

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Buku catatan penting: Buku ini berisi 54 puisi yang terdiri atas tiga bagian, serta puisi Dongeng Marsinah yang ditulis tiga tahun lamanya. Dalam puisi terakhir, diceritakan tragedi Mei 1998. Pengarang menganjurkan membaca buku ini jika ingin mengenal beliau lebih dekat.

3) Judul: Tidak Ada New York Hari Ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat