bdadinfo.com

Makna dan Pokok Pikiran Pembukaan UUD 1945, Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Halaman 51 Uji Kompetensi - News

Uji Kompetensi PKn kelas 9 halaman 51

- Kunci jawaban PKn kelas 9 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra edisi revisi 2018 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban PKn kelas 9 Uji Kompetensi halaman 51 ini memuat materi tentang makna dan pokok-pokok pikiran dalam alinea pembukaan UUD 1945 Negara Republik Indonesia.

Kunci jawaban PKn kelas 9 halaman 51 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Bekerja Sama dan Bergotong Royong, Kunci Jawaban PPKn Kelas 7 Kurikulum Merdeka Halaman 129 Uji Kompetensi

Uji Kompetensi

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan makna alinea pertama Pembukaaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945!

Kunci jawaban:

Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 berbunyi, "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

Alinea ini bermakna bahwa kemerdekaan adalah hak asasi manusia. Namun, kemerdekaan seseorang harus tunduk pada kemerdekaan bersama sebagai bangsa.

Utamanya, hak kemerdekaan bangsa dan bukan hak individu. Namun, bukan berarti hak individu ditiadakan, melainkan ditempatkan sebagai anggota masyarakat dalam kaitannya dengan bangsa.

Alinea pertama Pembukaan UUD 1945 juga memuat fakta objektif, yaitu gugatan terhadap penjajahan karena mengingkari persamaan derajat manusia.

Alinea pertama ini mengandung pernyataan bahwa penjajahan di atas dunia harus ditentang dan dihapuskan karena tidak menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Selain itu, alinea pertama Pembukaan UUD 1945 juga mengandung fakta subjektif, yaitu aspirasi dan tekad bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari penjajahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat