bdadinfo.com

Upaya Bangsa Indonesia Mencapai Cita-Cita Nasional, Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Halaman 36 Tugas Mandiri - News

PKn kelas 9 halaman 36 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban PKn kelas 9 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTs Kelas IX karya Ai Tin Sumartini dan Asep Sutisna Putra edisi revisi 2018 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban PKn kelas 9 Tugas Mandiri Bab 2 halaman 36 ini memuat materi tentang upaya bangsa Indonesia mencapai cita-cita nasional seperti merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Kunci jawaban PKn kelas 9 halaman 36 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Literasi Digital Kebhinekaan Negara, Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Kurikulum Merdeka

Tugas Mandiri

Apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai cita-cita nasional untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur? Tuliskan pendapatmu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Kunci jawaban:

Upaya bangsa Indonesia untuk mencapai cita-cita nasional:

1) merdeka

Negara yang merdeka berarti negara terbebas dari penjajahan bangsa lain, makanya bangsa Indonesia harus mandiri dalam memenuhi kebutuhannya baik sandang, pangan, dan papan agar tidak bergantung pada negara lain dan fokus menyejahterakan masyarakat.

2) bersatu

Negara yang bersatu berarti menghendaki bangsa Indonesia yang bersatu dalam negara kesatuan, bukan bentuk negara lain, serta bukan bangsa yang terpisah-pisah secara geografis maupun sosial. Maka dari itu, muda mudi harus dibekali rasa nasionalisme yang tinggi serta mementingkan kepentingan bangsa dan negara ketimbang kepentingan pribadi maupun golongannya.

Baca Juga: Bentuk Semangat dan Komitmen Pendiri Negara, Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Kurikulum 2013

3) berdaulat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat