bdadinfo.com

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 257 Kurikulum 2013: Teori-Teori Masuknya Islam ke Indonesia - News

IPS kelas 7 halaman 257 Kurikulum 2013

Kunci jawaban IPS kelas 7 ini dikutip dari Ilmu Pengetahuan Sosial SMP/MTs Kelas VII karya Iwan Setiawan, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 257 ini memuat materi tentang teori-teori masuknya Islam ke Indonesia, dan menentukan teori yang paling kuat.

Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 257 Kurikulum 2013 ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Mengapa Masyarakat Alami Perubahan Sosial Budaya, Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 150

Aktivitas Kelompok

Diskusikan teori mana yang menurut pendapatmu paling kuat terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia? Beri penjelasannya.

Kunci jawaban:

Teori masuknya Islam ke Indonesia umumnya ada tiga yaitu pendapat Buya Hamka, pendapat Hoesein Djajadiningrat, dan teori Gujarat.

1) Buya Hamka berpendapat bahwa masuknya Islam ke Indonesia bermula dari Arab atau Mesir.

Buktinya adalah bangsa Indonesia sejak awal menganut mazhab Syafi'i yang sama dengan mazhab yang dianut di Mekkah.

Buya Hamka pun didukung teorinya oleh bangsa asing yang menyatakan bahwa Islamisasi dilakukan oleh musafir yang datang ke Kepulauan Indonesia dan pada catatan Dinasti Tang terdapat tulisan bahwa telah ada pemukiman pedagang Arab di Pantai Barat Sumatra.

2) Hoesein Djajadiningrat berpendapat bahwa masuknya Islam ke Indonesia bermula dari Persia.

Dasar pendapatnya ini adalah adanya kesamaan budaya dan tradisi antara masyarakat Persia dan Indonesia, misalnya perayaan 1 Muharram sebagai hari suci kaum Syiah atas kematian Husein bin Ali yang juga berkembang dalam tradisi Tabot di Sumatra Barat dan Bengkulu.

3) Teori Gujarat menunjukkan bahwa masuknya Islam ke Indonesia bermula dari Gujarat, India pada abad ke-13 masehi. Banyak ilmuwan asing yang mendukung teori ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat