bdadinfo.com

Teks Argumentasi, Ide Pokok, Kalimat Fakta dan Opini, Bahasa Indonesia Kelas 11 Semester 1 - News

Ilustrasi materi Bahasa Indonesia kelas 11 Semester 1: Teks argumentasi

- Materi teks argumentasi ini dikutip dari Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA/SMK Kelas XI karya Heny Marwati dan K. Waskitaningtyas edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Dalam teks argumentasi, terdapat ide pokok dan ide pendukung yang dapat ditelaah dengan mudah jika sudah memahami isi teks yang terkandung.

Ide pokok adalah rancangan pokok yang tersusun di dalam pikiran, gagasan, atau merupakan pikiran utama dari sebuah paragraf.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 146 Bahasa Indonesia Kelas 12: Tugas 1 Opini Terkait Isu di Masyarakat

Dalam satu paragraf, hanya ada satu ide pokok yang dituangkan dalam kalimat utama.

Ide pokok pun akan dijabarkan dalam ide-ide penjelas dalam kalimat-kalimat penjelas.

Pola pengembangan paragraf terbagi jadi dua macam, yaitu deduksi dan induksi.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 211 Kegiatan 1 Mengonstruksi Kritik Sastra

Pola pengembangan paragraf deduksi adalah jika kalimat utama berada di awal paragraf dan disertai kalimat-kalimat penjelas.

Sementara, apabila sebuah paragraf diawali dengan kalimat-kalimat penjelas dan diakhiri kalimat utama, dinamakan pola pengembangan paragraf induksi.

Contoh pola pengembangan paragraf deduksi:

Indonesia merupakan negara besar yang sedang giat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warganya. Untuk meningkatkan perekonomian tersebut, Indonesia giat meningkatkan kegiatan produksi di segala sektor, khususnya sektor pangan. Pemerintah didukung oleh masyarakat sedang berusaha memenuhi kebutuhan pangan bagi lebih dari 270 juta penduduk Indonesia. Kebutuhan pangan bagi penduduk Indonesia yang jumlahnya sangat besar tersebut diharapkan bisa dipenuhi dari produk pangan lokal. Produk pangan lokal akan dipasok oleh petani-petani Indonesia yang mengolah lahan pertanian dengan cara modern dan menggunakan teknologi terbaik. Tugas pemerintah kemudian adalah membantu para petani dalam upaya meningkatkan hasil produksi pangan dari setiap musim panen.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 198 Kegiatan 2 Tugas Bab 6 Sastra dan Esai Kurikulum 2013

Contoh pola pengembangan paragraf induksi:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat