bdadinfo.com

Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Berikut Ini Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan oleh Maba - News

Mahasiswa baru memang perlu cara beradaptasi yang baik

- Penerimaan mahasiswa baru telah diumumkan melalui jalur undangan dan tes masuk perguruan tinggi.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus, tentu sudah resmi berstatus sebagai mahasiswa baru (maba).

Dilansir dari video YouTube Campuspedia yang tayang pada 6 September 2020, sebagai seorang maba, kamu harus tahu nih hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Baca Juga: 4 Syarat Dalam Berkurban Yang Perlu Diperhatikan Agar Sah dan Diterima Allah SWT

Mahasiswa juga merupakan seorang pelajar dimana tentu akan mempelajari hal-hal sesuai dengan jurusan yang telah mereka pilih.

Yang kamu harus lakukan sebagai seorang maba pertama adalah fokus mempelajari lebih dalam jurusan kuliah yang kamu ambil.

Kedua, sebisa mungkin kamu harus bisa membagi waktu untuk ikut organisasi yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kamu. Namun kamu benar-benar harus memilih dan tidak mengikuti semua organisasi yang ada.

Baca Juga: Keistimewaan Orang yang Berkurban dan Anjuran Berkurban Dalam Islam

Ketiga, carilah teman yang punya visi dan misi yang sama dengan kamu. Bukan berarti kamu tidak mau berteman dengan yang lain ya, namun teman yang bisa diajak belajar bersama akan lebih membuat kamu menjadi nyaman selama berkuliah.

Sementara itu, perlu diperhatikan juga hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan terlebih ketika kamu masih menjadi mahasiswa baru (maba) yaitu pertama belajar dengan sistem kebut semalam (SKS).

Belajar dengan SKS selama kuliah akan berdampak kurang baik bagi kesehatan kamu jangka panjang, karena meski jam kuliah lebih fleksibel dibanding ketika SMA, namun tugas-tugas yang diberikan akan lebih banyak sehingga kamu perlu mengatur waktumu antara kuliah, mengerjakan tugas, berorganisasi, dan istirahat.

Baca Juga: Superstar Madonna Dilarikan Ke Rumah Sakit, Keluarga Telah Bersiap untuk Kemungkinan Terburuk

Hal-hal tidak boleh dilakukan kedua adalah sering terlambat masuk kelas dan sering bolos. Selain bertentangan dengan nilai kesopanan, nilai kehadiran dalam kelas juga menjadi poin penting bagi mahasiswa agar bisa lulus dari mata kuliah yang ada.

Ketiga yaitu jangan terlalu fokus pada nilai IPK atau nilai akademik saja. Selama menjadi mahasiswa, penting bagi kamu untuk mencari relasi, mengembangkan potensi diri, dan mencoba hal-hal baik lainnya agar kamu lebih siap untuk masuk ke kehidupan pasca kuliah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat