bdadinfo.com

Kunci Jawaban Geografi SMA/MA Kelas 10, Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi Halaman 18 - News

Geografi SMA MA Kelas 10

- Kunci jawaban kelas 10 ini dikutip dari Buku Geografi SMA/MA Kelas 10 Kelompok Peminatan (IPS) karya Yasinto Sindhu Priastomo edisi 2010.

Kunci jawaban Geografi SMA/MA Kelas 10 ini memuat materi Tugas 6 Bab 1, Pengetahuan Dasar Geografi Halaman 18.

Bab 1, Pengetahuan Dasar Geografi secara umum memberikan informasi materi mengenai pengertian geografi, objek studi geografi, pendekatan geografi, konsep dasar geografi, prinsip dasar geografi, dan cabang ilmu geografi.

Baca Juga: Salip Padang-Pekanbaru, Begini Update Proyek Tol Indralaya - Prabumulih Sumatera Selatan

Berikut ini kunci jawaban Tugas 6 Bab 1 Pengetahuan Dasar Geografi halaman 18 buku Geografi SMA/MA Kelas 10.

Pertanyaan 1

Geografi merupakan ilmu yang sangat luas cakupannya, sehingga terdapat beberapa pengertian atau definisi yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah pengertian tentang geografi berdasarkan hasil Seminar Ikatan Geografi Indonesia tahun 1988 di Semarang, serta jenis jenis pendekatan yang dalam geografi.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Penyebaran Islam di Minangkabau Sumatera Barat, Pendekatan dari Bermain Hingga Akhlak Mulia

Pengertian Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Geosfer secara sederhana dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang terjadi di bumi. Sehingga sesungguhnya yang dipelajari, diungkapkan dan dijelaskan dalam geografi adalah mengapa peristiwa geosfer bisa terjadi.

Pendekatan Geografi

Dalam geografi terdapat tiga pendekatan yang dapat dilakukan. Tujuan dari pendekatan dalam geografi adalah untuk memahami berbagai permasalahan, gejala dan fenomena geosfer yg terjadi di permukaan bumi, Ketiga pendekatan yang ada dalam geografi adalah sebagai berikut:

Pendekatan Keruangan, pada pendekatan keruangan dilakukan analisis terhadap fenomena geosfer berdasarkan penyebarannya dalam ruang,Pendekatan Kelingkungan, pada pendekatan kelingkungan dilakukan analisis terhadap keterkaitan antara fenomena geosfer tertentu dengan variabel lingkungan yang ada,Pendekatan Kompleks Wilayah, pada pendekatan kompleks wilayah dilakukan analisis yang merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat