bdadinfo.com

3 Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Anak di Sekolah Dasar - News

Orang tua harus lakukan 9 hal ini di hari pertama sekolah anak. (sekolah.link)

- Menjadi pendidik di tingkat sekolah dasar tidaklah semudah yang orang-orang bayangkan. Kadang dipandang sebelah mata karena mendidik anak-anak kecil dengan bernyanyi, bermain, mendongeng dan mengajarkan materi yang dianggap sangat mudah.

Bandingkan dengan materi yang diajarkan guru pada jenjang sekolah menengah ke atas atau yang lainnya, pasti jauh berbeda.

Namun faktanya, mendidik anak-anak kecil di tingkat sekolah dasar tidaklah mudah. Karena pendidikan di tingkat ini akan menjadi pijakan/pondasi dalam menempuh pendidikan di atasnya.

Baca Juga: Resep Kuah Pilek U, Kuliner Favorit Masyarakat Kota Serambi Mekah

Jika di tingkat ini siswa “gagal” belajar maka bisa dipastikan mereka akan kesulitan belajar pada jenjang berikutnya.

Seorang guru pun harus ekstra sabar karena menghadapi siswa yang dunianya memang tak bisa jauh dari kata “bermain”.

Melihat kondisi ini, tentunya kita tidak perlu mengeluh, karena kita bisa memanfaatkan kesenangan mereka “bermain” menjadi jalan untuk meningkatkan minat belajar di kelas.

Baca Juga: Mengulik Burung Kuau Raja, Hewan Identitas Resmi dari Sumatera Barat

Dilansir dari laman akupintar.id, ada beberapa macam game yang bisa digunakan agar siswa semangat dan tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Jenis permainan edukatif itu adalah Memory Game, Word Chain, dan Word Guessing.

Seperti apa permainannya? Berikut uraian singkatnya.

Pertama, Memory Game. Permainan ini akan meningkatkan ingatan mereka akan sesuatu hal.

Baca Juga: Kata Jokowi Soal Terowongan Terpanjang Indonesia di Sumatera Barat, Dibangun di Jalan Tol Padang Pekanbaru

Guru bisa membuat dua gambar yang berbeda bisa berisi pertanyaan dan yang satunya adalah sebuah jawaban lalu memperlihatkan pada siswa, siswa diminta untuk mengingat kedua pasangan gambar itu dan pada saat bermain, guru bisa menyembunyikan salah satu gambar dan meminta siswa menebak pasangan gambar yang satunya.

Contoh, jika sedang belajar tema budaya, guru bisa memperlihatkan gambar pakaian adat dan nama daerah asal, jika siswa sudah mengerti guru bisa menunjukkan salah satu gambar pakaian adat dan meminta siswa menebak daerah asalnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat