bdadinfo.com

Kesultanan Peureulak, Kerajaan Islam Tertua di Indonesia di Aceh Timur yang Bergabung dengan Samudera Pasai - News

Kerajaan islam tertua di Indonesia, Kesultanan Peureulak di Aceh Timur (hobbymiliter.com)

- Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7, sehingga munculnya kerajaan-kerajaan islam.

Kerajaan islam yang ada di Indonesia pertama kali adalah kerajaan Perlak.

Kerajaan perlak atau lebih dikenal dengan kesultanan Peureulak berdiri pada tahun 840 Masehi berlokasikan di Aceh Timur yang pada akhirnya bergabung dengan kerajaan Samudra Pasai.

Baca Juga: Akses Mudah dari Kota Padang, Apar Mangrove Park Tawarkan Keindahan dan Suasana Asri

Nama kerajaan perlak diambil dari nama sebuah kayu yakni kayu perlak yang mana kayu ini banyak tumbuh di daerah perlak sehingga wilayah tersebut diberi nama negeri perlak.

Sebelum berdirinya kesultanan Peureulak sama seperti wilayah Indonesia lainnya, negeri ini bercorakkan Hindu-Budha sampai islam masuk ke daerah Aceh.

Islam masuk ke Nusantara dikarenakan banyaknya pedagang islam yang datang dari Arab, Persia, dan lainnya selain berdagang mereka juga menyebarkan agama islam.

Baca Juga: Tim Penilai LPM Kunjungi 'Masjid Viral' dan Kampung Kunyit Padang Panjang

Kesultanan Peureulak dipimpin oleh seorang raja yang memiliki gelar Meurah atau Maharaja, pada saat itu Meurah Syahir Nuwi yang memimpin kesultanan Peureulak menyambut rombongan dari arab.

Dengan kecakapan mereka dalam berdakwah Meurah Syahir Nuwi memantapkan hati dan masuk islam.

Selain itu adik dari Meurah Syahir Nuwi yang bernama Puteri Tansyir Dewi juga dinikahkan dengan Ali Ibn Muhammad Ja’far Shiddiq, yang mana beliau adalah juru dakwah yang merupakan muslim syiah.

Baca Juga: Mendalami Sejarah Singkat Terbentuknya Provinsi Sumatera Selatan, Dulunya Dipimpin Gubernur Muda Ini

Dari pernikahan Puteri Tansyir Dewi dan Ali Ibn Muhammad Ja’far Shiddiq lahirlah Syed Maulana Abdul Aziz Syah yang mana menjadi Raja pertama Kesultanan Peureulak yang sudah menjadi kerajaan islam.

Sultan Alauddin Syed Maulana Abdul Aziz Syah memerintah dari tahun 840 Masehi sampai 865 Masehi, setelah beliau meninggal dan digantikan oleh Sultan Alauddin Syed Maulana Abdurrahim Shah yang memegang kekuasaan dari tahun 865 Masehi sampai 888 Masehi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat