bdadinfo.com

Mengenal Masjid Jamik Apung, Wisata Religi Terbaru di Aceh yang Ingin Sekali Dikunjungi oleh Wisatawan - News

Masjid Jamik Apung yang terletak di Kawasan Reklamasi Pantai Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan

- Indonesia memiliki banyak sekali tempat ibadah yang patut dijadikan sebagai salah satu warisan yang harus tetap dijaga dan dilestarikan sehingga menjadi tempat yang paling penting untuk dikunjungi

Kita mengenal beberapa Masjid – Masjid ternama di Indonesia, namun ada juga yang memiliki bangunan yang mengarah ke Lautan, sehingga mereka membangun Masjid yang berlokasi antara Pantai dan Daratan.

Misalnya seperti Masjid Terapung Amirul Mukminin di Sulawesi Selatan, Masjid Terapung Samudra Ilahi di Sumatera Barat dan juga Masjid Arqam Baburrahman di Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Sah, Pemko Padang dan DPRD Setujui Ranperda Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Jadi Perda

Namun ada satu Masjid Terapung di Aceh yang baru – baru ini menjadi salah satu destinasi Wisata yang patut dikunjungi baik wisatawan Lokal maupun Mancanegara, nama Masjid tersebut adalah Masjid Jamik Apung.

Masjid ini merupakan Masjid Terapung pertama di Aceh yang mengusung gaya modern dan klasik khas Aceh, dan memiliki Bangunan yang berukuran 25 x 25 meter sehingga mampu menampung kapasitas sebanyak 200 Jamaah.

Masjid yang berlokasi di Tapaktuan, Aceh Selatan ini merupakan bagian dari kawasan ruang terbuka hijau reklamasi di Pantai Tapaktuan, Aceh Selatan. Selain menjadi Tempat Wisata baru, ternyata Masjid ini banyak dikunjungi oleh Wisatawan maupun Pemudik yang tengah melintas.

Baca Juga: Berkenalan dengan Pulau Pasumpahan, Objek Wisata Alam nan Indah yang Tersembunyi Dibalik Riuhnya Kota Padang

Meskipun Masjid ini belum seratus persen selesai dibangun, namun Masjid Jamik Apung sudah bisa difungsikan sejak empat bulan lalu, bahkan sering digunakan untuk kegiatan Ibadah seperti Shalat Berjamaah.

Wisatawan yangs sedang melintas dan mampir untuk melaksanakan Shalat di Masjid Apung ini akan merasakan suasana yang berbeda dengan Masjid – masjid lain karena berada di atas laut dan dekat dengan pegunungan.

Sehingga kita bisa merasakan embusan angin laut dan juga pemandangan laut yang indah, yang membuat para pengunjung merasa nyaman dan tenang ketika sedang melaksanakan Ibadah Shalat 5 Waktu.

Baca Juga: Mengenang Lisa Tirto Utomo dengan Pelestarian Rumah Adat Batak, Dayak, Minangkabau Hingga Wae Rebo dan Papua

Menurut Imam Besar Masjid Jamik Apung Tapaktuan, M. Nazir Jamaluddin sangat berharap Masjid tersebut tidak hanya digunakan untuk sekedar tempat ibadah saja melainkan bisa menjadi tempat wisata yang ingin mengenal lebih dalam dibalik bangunan Masjid ini.

“Masjid ini banyak dipakai apalagi pada hari libur sungguh – sungguh menarik untuk perhatian masyarakat, maka muda – mudahan apa yang kita hadapkan ke depan ini, bagaimana masjid apung ini menjadi Masjid yang terindah dan menjadi panutan Masyarakat umat Islam seluruh Dunia,” sebagaimana dikutip dari video yang diunggah di kanal YouTube KompasTV Pontianak pada Selasa, 2 Mei 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat