bdadinfo.com

Mengenang Lisa Tirto Utomo dengan Pelestarian Rumah Adat Batak, Dayak, Minangkabau Hingga Wae Rebo dan Papua - News

Mengenang Lisa Tirto Utomo dengan Pelestarian Rumah Adat Batak, Dayak, Minangkabau Hingga Wae Rebo dan Papua (Wikipedia/Harian Haluan )

- Lisa Tirto Utomo telah meninggal dunia pada Senin malam, 31 Juli 2023. 

Namun, jasa dan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya di Indonesia cukup tinggi, terutama rumah adat diberbagai daerah.

Lisa Tirto Utomo adalah istri dari Pendiri perusahaan Aqua, Tirto Utomo yang juga sebagai Pendiri Yayasan Tirto Utomo.

Baca Juga: Kabar Duka, Lisa Tirto Utomo Tutup Usia 89 Tahun, Pernah Berjasa di Sumatera Barat

Lisa Tirto Utomo berpulang kepada sang pencipta dalam usia 89 tahun. 

Banyak bentuk perhatian yang diberikan oleh Lisa Tirto Utomo melalui yayasan tersebut. Seperti diutarakan oleh Pegiat Pariwisata, Yulnofrins Napilus.

Bahkan, menurut pria yang akrab disapa Nofrins itu, telah banyak bantuan restorasi berbagai rumah adat di Indonesia yang diberikan oleh Lisa Tirto Utomo.

Baca Juga: Ternyata Perantau Minang yang Bangun Desa Adat Waerebo di Flores, Begini Kisahnya

Di Sumbar, ia memberikan bantuan restorasi 5 unit rumah gadang di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) Kabupaten Solok Selatan.

Ia juga bantu restorasi rumah gadang di Nagari Sumpur, Singkarak Kabupaten Solok. Melalui Yayasan Tirto Utomo, ia tunjukkan kepeduliannya dalam pelestarian budaya.

Sementara, di Medan Sumatera Utara, Lisa Tirto juga pernah merestorasi rumah adat Batak. Di Kalimantan, juga merestorasi rumah adat suku Dayak.

"Warebo di Nusa Tenggara Timur hingga rumah adat yang ada di Papua ikut beliau restorasi," kata Nofrins kepada News, Senin, 31 Juli 2023.

Baca Juga: Omzet Pedagang Jajanan Naik, Efek Tarik-menarik di Bawah Menara Songket kawasan Saribu Rumah Gadang

"Kita ikut berduka cita atas kepergian Bu Lisa Tirto Utomo. Bu Tirto yang membantu restorasi 5 unit rumah gadang di SRG, baru saja meninggal dunia," sebutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat