bdadinfo.com

Bagnaia Minta Dukungan Teknis untuk Tim Satelit dan Pabrikan MotoGP Dibedakan, Ini Alasannya - News

Francesco Bagnaia (Ist)

- Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia minta agar dukungan teknis antara motor satelit dan pabrikan dibedakan.

Hal itu ia usulkan sebagai salah satu cara untuk meminimalisir resiko kecelakaan pada saat balapan MotoGP.

Ia menilai, kecelakan yang terjadi disebabkan para rider mendapatkan dukungan teknis yang hampir setara, sehingga ambisi untuk start dengan baik dan menyalip dalam waktu singkat semakin besar.

Baca Juga: Hasil MotoGP Spanyol 2023: Bagnaia Juara, KTM Amankan Posisi Dua dan Tiga

"Itu bukan cara kerja yang benar. Kami semua mencapai limit dan sama-sama mencoba meraih target, tapi jika Anda sudah mengerem pada limitnya sejak awal, maka kesalahan bakal terjadi jika Anda lebih ngotot," ucapnya.

Ia menilai, kecelakaan lebih sering terjadi pada lap-lap awal karena semua rider berambisi untuk mencapai posisi terdepan.

Menurutnya, MotoGP harus mencari cara memperbaiki situasi yang tak aman ini. Salah satu solusi yang ia sarankan adalah kembali membedakan dukungan teknis tim pabrikan dan tim satelit seperti satu dekade lalu, di mana tim-tim satelit sangat sulit menyaingi tim-tim pabrikan untuk naik podium apalagi menang.

Baca Juga: Gegara Ini, Valentino Rossi Khawatirkan Hubungan Pertemanan Bagnaia dan Bezzecchi

"Kini semua orang bisa menang, tak ada lagi margin 6-7 detik yang dulu ada di antara motor pabrikan dan satelit. Padahal, dulu margin itu membatasi kecelakaan. Fantastic Four adalah rider-rider terkuat yang pernah ada, tapi mereka naik motor pabrikan, sementara yang lain tak punya potensi melaju di depan," ujar Bagnaia.

"Kini level MotoGP ekstrem, segalanya mencapai limit. Semua rider punya kans menang. Ritme balap kami tak terlalu cepat kecuali ritme Bezzecchi, yang berarti rider lainnya berdekatan. Menurut saya, kami harus kembali mencari margin di antara motor pabrikan dan satelit, atau solusi demi menghindari insiden tertentu," tutupnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat