bdadinfo.com

Mengenal Track Limits di GP Austria serta Aturannya - News

Contoh pelanggaran track limits yang dilakukan Esteban Ocon di GP Austria pada Minggu, (02/07/2023)  (https://planetf1.com/)

  - Track limits menjadi bahan pembicaraan paling panas sepanjang gelaran F1 di GP Austria.

Setidaknya ada 83 pelanggaran track limits selama balapan sehingga pembalap tersebut dikenakan penalti tambahan waktu saat balapan di Red Bull Ring pada hari Minggu, (02/07/2023). 

Bahkan ketika usai balapan, drama track limits masih belum selesai. Protes yang diajukan Aston Martin karena kelalaian race control dalam memantau pelanggar track limits membuat delapan pembalap terkena penalti karena pelanggaran tersebut.

Baca Juga: Bupati Pesisir Selatan Buka Bansos Linggo Track Adventure II

Dari delapan pembalap yang terkena penalti karena melanggar track limits, pembalap yang paling dirugikan adalah Carlos Sainz, Lewis Hamilton, dan Esteban Ocon.

Carlos Sainz yang harusnya finis ke 4 harus mendapat penalti 10 detik karena melanggar track limits sehingga pembalap Spanyol itu harus finis ditempat keenam tepat di belakang Lando Norris dan Fernando Alonso.

Lewis Hamilton yang finis diurutan ke 7 mendapat penalti 10 detik karena pelanggaran yang sama, membuat ia harus finis di peringkat 8 di belakang rekan setimnya, George Russell.

Baca Juga: Rp 200 Juta Dianggarkan Tahun Ini untuk Pasang Lampu Jogging Track Youth Centre Rawang Kota Pariaman

Sedangkan Esteban Ocon yang paling berat. Dengan total Ocon sudah 7 kali melanggar track limits, maka pembalap Perancis itu mendapat total 30 detik penalti dan finis ke 14.

Dua belokan terakhir di sirkuit Red Bull Ring merupakan tikungan yang paling sering dilanggar para pembalap soal track limits.

Apa itu track limits serta bagaimana peraturannya? Berikut penjelasannya:

Dikutip dari situs resmi F1, track limits adalah batasan di sekitar tepi sirkuit yang ditandai dengan garis putih. Jika pembalap melewati garis tersebut dengan keempat bannya maka pembalap tersebut  telah melanggar track limits.

Menurut Sporting Regulations FIA pasal 33.3, menjelaskan bahwa pembalap harus melakukan segala upaya yang sewajarnya dalam berkendara di trek dan tidak boleh meninggalkan trek tanpa alasan yang dapat dibenarkan.

Pembalap dianggap meninggalkan trek apabila bagian mobil telah keluar dari garis putih, kecuali jika bagian mobil itu masih menyentuh kerb atau penanda batas lintasan yang biasanya berwarna merah dan putih.

Jika mobil itu keluar dari trek, maka pembalap hanya boleh kembali ke trek jika dirasa aman dan tanpa mengambil keuntungan dengan maksud berbuat curang dalam balapan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat