bdadinfo.com

Drama Pemilihan Waketum Warnai KLB PSSI, Diulang Hingga Mengundurkan Diri - News

Drama pemilihan waketum di KLB PSSI (Rizky Rio Rahmat)

- Pemilihan Wakil Ketua Umum (Waketum) dalam Kongres Luar Biasa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) pada Kamis, 16 Februari 2023 hadirkan drama menarik.

Saat pemilihan ketua umum PSSI periode 2023-2027 hanya memunculkan dua nama yang bersaing ketat. Sedangkan pada pemilihan waketum muncul tiga nama, yakni Ratu Tisha, Yunus Nusi, dan Zainudin Amali.

Dari ketiga nama calon waketum tersebut, berhasil mengumpulkan suara dari voters yang cukup mencolok jika dibandingkan dengan calon Waketum lainnya.

Baca Juga: Sebut Ada Dana KSP Indosurya Mengalir Ke Luar Negeri, PPATK: Yang Kami Identifikasi Rp1,5 Triliun

Baca Juga: Kisah Aladin Banuali, Perampok Baik Hati dari Sumatera Barat yang Dijuluki Robin Hood Indonesia

Hasil dari pemilihan waketum PSSI periode 2023-2027 terjadi pengulangan pemilihan hingga pengunduran diri salah satu calon waketum yang berhasil meraih suara yang signifikan.

Dalam pemilihan pertama, Yunus Nusi dan Zainudin Amali berhasil keluar sebagai pemenang untuk menduduki dua kursi waketum. Adapun Yunus Nusi berhasil memperoleh 63 suara dan Zainudin Amali 66 suara.

Namun hasil pemilihan itu diprotes oleh beberapa voters yang merasa ada kejanggalan dalam melakukan rekapitulasi penghitungan suara.

“Ada suara cuma dibacakan Yunus sama Menpora (Zainudin Amali), sementara banyak yang nulis namanya Tisha hilang, ada yang nulis namanya Syuqi hilang, ada yang nulis namanya Riyadh hilang,” ucap Togar Simanjutak, direktur Persiba saat diwawancara media.

Dari kecurangan tersebut muncul kericuhan yang kemudian ditenangkan oleh Iwan Bule, Ketua Umum PSSI Demisioner. Setelah tenang pemilihan wakil ketua umum diminta untuk diulang.

Baca Juga: Minim Perencanaan, Gembar-gembor Desa Wisata Hanya untuk Kejar Penghargaan ADWI?

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Arah Kebijakan Seringkali Mengabaikan Prinsip Keadilan Sosial

Pada ulangan pemilihan Waketum PSSI Periode 2023-2027, menghasilkan jumlah perolehan suara yang berbeda, dimana Ratu Tisha muncul sebagai pemenang.

Mantan Sekjen PSSI itu berhasi mengumpulkan suara voters sebanyak 54 suara, Yunus Nusi memperoleh 53 suara, sedangkan diurutan ketiga adalah Zainudin Amali 44 suara.

Berdasarkan hasil tersebut, Ratu Tisha berhasil menjadi Waketum 1 PSSI dan Yunus Nusi sebagai Waketum 2 PSSI, sedangkan menpora (Zainudil Amali) gagal untuk menduduki jabatan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat