bdadinfo.com

Bukan Ikuti Trend, Suzuki Ternyata Punya Sejarah Panjang Kembangkan Mobil SUV - News

Grand Vitara Ada di IIMS 2023 (Malza Nurzaini)

- Peluncuran Suzuki Grand Vitara yang memiliki DNA sebagai model kendaraan sport utility vehicle (SUV) di pameran IIMS 2023, bukan sekedar mengikuti trend pasar SUV yang sedang meningkat.

Suzuki sendiri memiliki sejarah panjang dalam menghadirkan kendaraan segala medan ini kepada konsumennya di tanah air. Terbukti dari perjalanan model SUV yang tenar racikan Suzuki hingga saat ini masih banyak bersliweran di jalan raya hingga menjadi koleksi dari petrol head.

Berdasarkan penelusuran News, Suzuki pertama kali mengembangkan mobil SUV pada tahun 1970 yang menjadi tonggak munculnya model ini. Namun bergeser memenuhi kebutuhan pasar, Suzuki mulai memperkenalkan Vitara pada tahun 1990.

Baca Juga: Ini Website Keren yang Bakal Membuat Hidupmu Jauh Lebih Mudah

Baca Juga: Berbatasan dengan Kabupaten Solok, Kecamatan KPGD di Solok Selatan Digenjot Pembangunan Infrastrukturnya!

Kehadiran Vitara terus dikembangkan produsen, hingga pada 2006 regenerasi mulai dilakukan dimana model Suzuki Grand Vitara 2.0. Keunggulan generasi terbaru ini menawarkan sasis dan mesin baru yang mampu menghasilkan tenagar mancapai 144 dk pada 6.800 rpm, dan torsi sebesar 183 Nm pada 4.000 rpm.

Tak heran model ini menjadi satu-satunya SUV yang hadir dengan ketangguhan berkat penggunaan mesin besar dan fitur yang terbilang canggih di jamannya.

Tahun 2009, Suzuki melakukan penyegaran dengan membawa Grand Vitara Facelift. Membawa mesin 2.400 cc 4-silinder bertenaga 166 dk pada 6.000 rpm dan torsi 225 Nm pada 4.000 rpm.

Baca Juga: Berbatasan dengan Kabupaten Solok, Kecamatan KPGD di Solok Selatan Digenjot Pembangunan Infrastrukturnya!

Salah satu kelebihan yang ditawarkan yakni desain interior yang lebih mewah seperti nuansa lapisan kulit sebagai seat cover, juga dilengkapi fitur-fitur terkini untuk menunjang pengalaman berkendara yang lebih berkelas.

Suspensinya yang kokoh membuat Grand Vitara menjadi SUV stabil dan tidak limbung. Baru pada tahun 2012, Suzuki kembali melakukan facelift dengan mengubah tampilan eksteriornya. Namun pada tahun 2018, Suzuki Jepang menghentikan produksi Grand Vitara sehingga Suzuki Indonesia juga turut menghentikan penjualannya pada tahun yang sama.

Jalan panjang tersebut, dijadikan momentum bagi Suzuki untuk tetap konsisten menghadirkan Grand Vitara yang sudah memiliki konsumen loyal di Indonesia. Hadir dengan teknologi canggih hybrid yang perdana diperkenalkan untuk konsumen di Indonesia pada pameran IIMS 2024.

Baca Juga: Rampung! Gelaran F1 Powerboat di Sumatera Utara Dimulai Besok 25 Februari 2023

Produk Grand Vitara Hybrid berwajah yang baru ini akan hadir dengan sentuhan desain yang berbeda, karena menampilkan desain lebih modern dipadukan aksen krom pada bingkai yang membuat wujud SUV ini lebih bold dan sporty. Floating roof juga menjadi pilihan desain terbaru untuk Grand Vitara Hybrid, pilar jendela berwarna hitam yang berbeda dari warna bodi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat