bdadinfo.com

Lama Berputar di Udara, Lion Air Tujuan Aceh Akhirnya Mendarat Darurat - News

Lion Air Tambah Jadwal Penerbangan Umroh dari Padang, Dua Kali Seminggu Lho (Lion Air)

- Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-306 rute Bandara Internasional Kualanamu di Sumatra Utara (KNO) tujuan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Aceh (BTJ) akhirnya mendarat darurat pada Selasa (2/5/2023).

Pesawat harus kembali ke Bandara Kualanamu, Sumatera Utara, setelah lama berputar-putar di udara akibat cuaca buruk dan angin kencang.

Mulanya, pesawat dijadwalkan mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh. Namun pesawat akhirnya kembali ke Kualanamu.

Baca Juga: Penerbangan Langsung dari Kualanamu ke Aceh Kembali Dilayani Lion Air

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantor.

Dalam keterangan resminya, ia mengatakan bahwa pesawat Boeing 737-900ER registrasi PK-LGJ membawa 7 kru dan 202 penumpang. 

"Pesawat berangkat pukul 12.30 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 13.40 WIB. Namun, penerbangan kembali ke bandara asal dikarenakan kondisi angin di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda yang kurang baik," ujarnya, Selasa.

Baca Juga: Lion Air Tambah Jadwal Penerbangan Umroh dari Padang, Dua Kali Seminggu Lho

Cuaca buruk yang dimaksudkan yakni tingginya kecepatan angin yang bergerak searah dengan arah pendaratan pesawat menyebabkan tidak terpenuhinya persyaratan keselamatan penerbangan karena dapat mengganggu kestabilan pesawat saat akan mendarat.

Karenanya, pilot mengambil keputusan untuk kembali ke bandara asal karena cuaca yang kurang baik tersebut dengan mempertimbangkan banyak faktor, yakni kondisi aktual cuaca dan perkiraan cuaca di sepanjang rute penerbangan, kemampuan pesawat dan faktor-faktor lain yang mendukung operasional penerbangan berjalan normal. 

"Awak pesawat telah menginformasikan kepada seluruh penumpang bahwa pesawat kembali ke bandar udara asal karena cuaca kurang baik," tambah dia.

Baca Juga: Pesawat Lion Air Tergelincir di Papua, Begini Kondisi Penumpang

Namun setelah kondisi cuaca dan kecepatan angin di Bandara Sultan Iskandar Muda dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan, Lion Air kembali melanjutkan penerbangan ke Banda Aceh.

Saat ini, penerbangan JT-306 telah berhasil mengudara dari Bandara Internasional Kualanamu pukul 17.04 WIB dan sudah mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda pukul 18.00 WIB.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat