bdadinfo.com

5 Provinsi Tersejahtera, Siapa Sangka Provinsi Hasil Pemekaran Ini jadi Paling Kaya Se-Sumatera? - News

Salah satu lokasi terpopuler di Kota Batam, Nagoya Hill Mall. (Dok Holidify.)

- Dalam pengukuran untuk mengetahui masyarakat memiliki kehidupan sejahtera dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melihat pendapatan perkapita dan tingkat kemiskinan yang ada pada suatu wilayah.

Artikel ini akan membahas sejumlah provinsi di Pulau Sumatera yang menjadi wilayah termakmur. Namun, siapa yang menyangka bahwa provinsi yang paling sejahtera adalah provinsi dari hasil pemekaran.

Berikut ini lima provinsi tersejahtera di Pulau Sumatera berdasarkan pendapatan perkapita dan tingkat kemiskinannya, diurutkan dari yang paling kecil ke terbesar:

Baca Juga: Pesona Curug Embun di Pagar Alam, Air Terjun Tertinggi dengan Volume Air Tidak Besar

1. Provinsi Sumatera Utara

Wilayah yang memiliki kabupaten kota terbanyak di Pulau Sumatera ini dihuni 14 juta jiwa pada tahun 2021. Pendapatan perkapita masyarakat Sumatera Utara sebesar Rp57 juta, dimana kota Medan menjadi penyumbang terbesar pendapatan tertinggi dengan Rp103 juta.

Adapun angka kemiskinan Sumatera Utara berada di 8,42 persen pada satu semester awal di tahun 2022.

2. Provinsi Bangka Belitung

Wilayah yang menjadi provinsi baru buah pemekaran dari Sumatera Selatan tersebut kini lebih unggul dalam hal pendapatan perkapita dibandingkan dengan Sumsel itu sendiri.

Baca Juga: Ini 10 Danau Paling Mempesona di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat

Bangka Belitung dihuni oleh 1,4 juta jiwa dan memiliki pendapatan perkapita sebesar Rp58 juta dimana wilayah Kabupaten Bangka Barat menjadi penyumbang tertinggi pendapatan tertinggi sekira Rp74 juta. dan Kab. Bangka tengah menjadi yang terendah yakni Rp46 juta.

Adapun angka kemiskinan di Provinsi Bangka Belitung sebesar 4,45 persen dan menjadi yang paling rendah di Pulau Sumatera.

3. Provinsi Jambi

Provinsi tetangga dari Sumatera Barat ini menduduki posisi ketiga wilayah tersejahtera di Pulau Sumatera dengan rata-rata pendapatan perkapita masyarakatnya mencapai Rp65 juta lebih pada tahun 2021.

Baca Juga: Sembilan Kota dengan Mayoritas Penduduk Suku Jawa, Paling Banyak di Sumatera

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat