bdadinfo.com

Ini 10 Danau Paling Mempesona di Indonesia, Salah Satunya Ada di Sumatera Barat - News

Salah satu keindahan danau di Indonesia  ((Unsplash/Marcel Ardivan))




- Keindahan alam Indonesia sungguh memesona, salah satu atraksi alami yang menarik untuk dinikmati adalah danau.

Dari Sabang sampai Merauke, banyak danau yang memiliki pemandangan yang begitu indah. Terlebih jika danau tersebut dikelilingi dataran hijau yang menyegarkan.

Melalui halaman resmi Kemenparekraf, dibagikanlah lokasi 10 danau indah dengan panorama yang menakjubkan dan keindahan alam tiada duanya yang tentunya tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi jika memang ada kesempatan.

Mulai dari Danau Toba, yang terluas dan salah satu terdalam di dunia, hingga Danau Matano, danau paling dalam di Asia Tenggara, setiap danau memiliki daya tariknya sendiri.

Baca Juga: Rapat Paripurna Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi, DPRD Kota Padang Setujui KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024

Tersebar di berbagai wilayah di seluruh negeri, dari Sulawesi, Sumatera hingga Papua, danau-danau ini bukti jika alam Indonesia benar-benar indah.

Berikut 10 danau paling mempesona pilihan Kemenparekraf Republik Indonesia:

1. Danau Toba

Danau Toba di Sumatera merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, dengan panjang 100 km dan lebar 30 km. Kedalamannya mencapai 505 meter, menjadikannya danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.

Selain keindahan pemandangan, di sekitar Danau Toba terdapat pulau Samosir yang menawarkan budaya Batak Toba yang kaya dengan pantai-pantai eksotis.

Baca Juga: Pesisir Selatan Lakukan Persiapan Hadapi Penilaian Kabupaten Sehat

2. Danau Towuti

Danau tektonik berusia jutaan tahun ini adalah danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba, dengan luas permukaan 561 km persegi.

Berlokasi di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dan menjadi bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Selain itu, danau ini juga termasuk salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia.

Tak hanya indah di permukaan, danau ini juga memiliki kekayaan biota laut yang sangat unik dan endemik. Dalam perairan danau ini hidup beberapa jenis ikan yang hanya dapat ditemui di Danau Towuti.

Baca Juga: Jadi Mega Proyek Baru Rampung di Sumatera Barat, Embung Talago Mumbuang Langsung Diserbu hingga Viral!

3. Danau Ranau

Terletak di perbatasan Lampung dan Sumatera Selatan, Danau Ranau memiliki volume air terbesar kedua di Indonesia dengan luas permukaan 125,9 km persegi, kedalaman maksimal 229 meter dan volume air yang mencapai 21,95 km kubik.

Berada di perbatasan dua provinsi, di sekitar danau terdapat panorama alam yang menakjubkan dengan pegunungan dan hutan yang mengelilingi. Di sekitar danau, terdapat spot-spot cantik untuk berfoto dan menikmati keindahan alam.

4. Danau Singkarak

Berada di Sumatera Barat, Danau Singkarak menjadi danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba, dengan panjang 21 km dan lebar 7 km.

Sebelum masa pandemi, Tour de Singkarak, lomba balap sepeda internasional, rutin diadakan setiap tahunnya di sekitar danau ini.

5. Danau Matano

Terletak di Sulawesi Selatan, merupakan danau paling dalam di Indonesia dan Asia Tenggara, menempati peringkat ke-11 di dunia dengan kedalaman mencapai 590 meter.

Wisatawan dapat menikmati kegiatan seperti memancing dengan beragam jenis ikan yang bisa ditangkap. Danau ini juga dikelilingi oleh hutan lebat yang menjadi habitat bagi berbagai spesies satwa liar, termasuk burung endemik Sulawesi.

Kawasan danau ini dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, dan menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit di Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Astra Financial Jamin Kemudahan Kepemilikan Kendaraan Selama Pameran GIIAS 2023 Melalui 9 Unit Bisnisnya

6. Danau Poso

Di Kabupaten Poso, terdapat Danau Poso, danau tektonik purba. Dengan panjang 32 km dan lebar 16 km, danau ini memiliki luas permukaan mencapai 323 km persegi.

Meskipun berada di ketinggian 657 mdpl, gelombang air di danau ini hampir mirip dengan gelombang air laut. Keunikan lain dari Danau Poso adalah pasirnya yang berwarna kuning keemasan.

7. Danau Sentani

Membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura dan memiliki luas mencapai 9.360 hektar, menjadikannya danau terluas di Papua.

Selain pesona alamnya, Danau Sentani juga terkenal karena Festival Danau Sentani yang biasanya diselenggarakan setiap bulan Juni. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukan adat di sekitar danau yang tentunya menarik untuk wisatawan.

8. Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau floodplain yang berlokasi di Kalimantan Barat. Walaupun kedalaman maksimalnya hanya mencapai 8 meter, danau ini memiliki luas sekitar 275 km persegi, sehingga masuk dalam kategori danau terbesar di Indonesia.

Dikenal sebagai danau musiman, Danau Sentarum akan dipenuhi air selama 10 bulan dalam setahun dan mengalami surut di bulan-bulan berikutnya dan kemudian membentuk kolam-kolam kecil.

9. Danau Paniai

Terletak di ketinggian 1.742 mdpl di Kabupaten Paniai, Papua. Dengan luas permukaan mencapai 195 km persegi dan kedalaman maksimal 50 meter, danau ini menawarkan pesona alam yang memukau.

Danau Paniai dikelilingi oleh pegunungan yang eksotis dan merupakan surga bagi para penggemar hiking dan petualang. Pastikan Anda membawa jaket tebal karena suhu di sekitar danau ini bisa menjadi cukup dingin.

10. Danau Maninjau

Danau tektonik satu ini terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dengan ketinggian 459 m, suhu di area danau termasuk cukup sejuk.

Meskipun memiliki luas permukaan hanya 99,5 km persegi dan kedalaman maksimal 165 meter, danau ini dikenal dengan pemandangannya yang indah dan dikelilingi oleh pegunungan. Untuk ke danau ini wisatawan akan melalui jalur curam Kelok 44 yang terkenal.

Itulah 10 danau paling memesona di Indonesia, selain ukurannya yang besar, keindahan panoramanya juga tak tertandingi. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat