bdadinfo.com

5 Kota di Sumatera yang Paling Maju, Daerah Ini Ternyata Miliki Fasilitas Seperti di Jakarta - News

Ilustrasi Kota Paling Maju di Pulau Sumatera.  (Pixabay.)

– Pulau Sumatera adalah wilayah yang jadi penggerak utama perekonomian Indonesia setelah Pulau Jawa.

Total jumlah populasi di Sumatera pun merupakan yang terbesar kedua setelah Pulau Jawa di Indonesia yaitu sekitar 57 juta jiwa.

Ada beberapa wilayah perkotaan yang dijadikan pusat perputaran ekonomi di Sumatera. Karenanya, daerah tersebut memiliki fasilitas yang mumpuni seperti Jakarta di Pulau Jawa.

Baca Juga: Pantai Tiku, Pesona Eksotis di Pesisir Sumatera Barat

Berbagai upaya terus dilakukan agar Sumatera terus tumbuh maju dan jadi wilayah utama penyokong ekonomi bersama Jawa. Satu diantaranya yaitu mengembangkan infrastruktur dan konektivitas antar kota.

Seperti adanya proyek jaringan Jalan Tol Trans Sumatera atau JTTS yang dikebut pengerjaannya agar harapan tersebut segera terpenuhi.

Namun, meskipun proyek tersebut belum terealisasi sepenuhnya, beberapa kota di Sumatera ini telah menyandang wilayah paling maju.

Baca Juga: Dibalik Jilatan Viral Oklin Fia Laporan Polisi dan Ternyata Makhluk yang Hobi Menjilat Dilarang Makan Es Krim

Terdapat lima kota paling maju dan menjadi perputaran perekonomian utama di Sumatera, berikut daftarnya:

1. Medan

Medan merupakan kota terpenting di luar pulau Jawa. Medan menyandang status sebagai kota metropolitan non Jawa dengan segala fasilitas yang dimilikinya.

Letak geografis Kota Medan menjadikan lokasinya strategis dan membuatnya berkembang sebagai pintu gerbang utama di wilayah Pulau Sumatera.

Baca Juga: Mason Mount Dibully Fans MU Usai Laga Perdana Liga Inggris: Rekrutan Paling Sia-Sia Sepanjang Masa!

Untuk mempertahankan statusnya sebagai kota metropolitan di Sumatera, Medan dibuatkan infrastruktur yang terbaik di Indonesia, contohnya adalah pembangunan Bandara dan Pelabuhan besar.

Tahun ini, pemerintah Indonesia juga secara membangun infrastruktur jaringan jalan tol dan jalur kereta api demi meningkatkan konektivitas antara kota Medan dengan kota-kota sekitarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat