bdadinfo.com

Berikut Ibadah yang Bisa Dimaksimalkan Selama Ramadhan, Penting Untuk Diingat! - News

Selama Bulan Ramadhan Ini Ibadah yang Bisa Dimaksimalkan, Penting Untuk Diingat! (Pixabay )

 - Bulan ramadhan 1444 H sudah di depan mata. Sekitar satu minggu lagi insyaAllah kita akan berjumpa kembali dengan bulan penuh berkah bagi umat muslim.

Bulan ramadhan identik dengan ibadah puasa yang akan dijalankan oleh semua umat muslim selama satu bulan penuh.

Namun selain berpuasa, terdapat pula ibadah-ibadah lainnya yang lekat dan dapat dimaksimalkan terutama selama bulan ramadhan.

Baca Juga: Takut Datang ke Psikolog? Tenang, ini yang Harus Dilakukan saat Konsultasi Hari Pertama

1. Tarawih

Merupakan sholat sunnah (dianjurkan) yang dikerjakan setelah waktu sholat Isya. Dilansir dari Muslim.or.id, sholat tarawih sebagaimana yang dikerjakan Nabi Muhammad SAW bebas dikerjakan dalam beberapa bilangan rakaat namun tidak lebih 11 atau 13 rakaat.

Yakni dapat dengan 8 rakaat sholat tarawih dan 3 rakaat sholat witir (total 11 rakaat) yang dikerjakan masing-masing dalam 2 rakaat salam.

Meski demikian terkait bilangan rakaat sholat tarawih sendiri terdapat perbedaan pendapat di kalangan para ulama.

Mayoritas ulama dari mazhab Hanafi, Maliki, Stafi'i, Hanbali, menyatakan jumlah rakaat sholat tarawih ialah 20 rakaat. Sedang sebagian ulama dari mazhab Maliki menyebutkan sholat tarawih dikerjakan sebanyak 36 rakaat dan sebagian ulama dari mazhab Hanafi menegaskan jumlah rakaat sholat tarawih ialah 8 rakaat (dikutip dari Islam NU.or.id).

Umumnya sholat tarawih dikerjakan secara berjamaah di mushola atau masjid. Namun bisa juga dikerjakan secara munfarid atau sendiri-sendiri.

Tentu apabila dilakukan secara berjamaah, pahala yang diterima akan semakin banyak pula dibanding sholat sendiri.

Baca Juga: Cara Menentukan Jurusan Kuliah, Agar Tidak Salah Pilih, Simak Baik-baik!

Dilansir dari Muslim.or.id, keutamaan sholat tarawih diantaranya adalah mendapatkan ampunan dosa yang telah lalu, sholat tarawih bersama imam seperti sholat semalam penuh, dan merupakan salah satu sholat sunnah yang utama.

2. Tadarus

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat