bdadinfo.com

5 Rekomendasi Kopi Asli Indonesia, Nomor 4 Asal Bali - News

- Semakin maraknya perkembangan industrial kopi di Indonesia, muncul beragam varian rasa dan aroma khas dari masing-masing daerah produksi biji kopi dan semakin banyak penikmatnya.

Indonesia tercatat sebagai Negara penghasil kopi ke empat terbesar di dunia, kopi menjadi salah satu komoditas ekspor terbesar dengan menyumbang devisa Negara lebih dari US$ 1.4 Milliar.

Ditingkat dunia, Indonesia masuk dalam sepuluh besar penghasil kopi dan berkontribusi sebesar 8,9 persen untuk konsumsi kopi di dunia.

Baca Juga: 850 Personel Jalankan Misi Perdamaian PBB di Kongo, Panglima TNI Lepas Langsung Keberangkatan

Tidak semua tanah di daerah Indonesia cocok ditanami biji kopi dan bisa menghasilkan biji kopi terbaik, dari seluruh wilayah Nusantara ada beberapa daerah yang terkenal menghasilkan biji kopi terbaik.

Berikut rekomendasi kopi pilihan yang bisa kalian bawa untuk buah tangan saat mudik atau persedian di rumah untuk sajian saat momen lebaran nanti.

1. Mandailing

Di Sumatera ada beberapa daerah yang menghasilkan biji kopi terbaik. Sumatera Utara memiliki kopi yang kualitasnya sudah mendunia, yaitu kopi Mandailing. Kabarnya perkebunan kopi di Mandailing Natal ini sudah ada sejak sekitar tahun 1800-an.

Baca Juga: Polda Jateng Beri Update Terbaru Terkait Ledakan Petasan di Kaliangkrik Magelang

Bicara soal rasa, keasaman kopi Mandailing cenderung rendah dan ada aftertaste manis yang khas. Kopi Mandailing banyak digemari orang karena wangi floral dan buahnya yang harum sekali.

Tidak heran bila kopi ini sering digunakan sebagai house blend di banyak sekali coffee shop, baik di Indonesia atau luar negeri.

2. Aceh

Aceh dikenal sebagai penghasil kopi yang berkualitas karena kopi Gayonya. Disebut Kopi Gayo karena ladang perkebunan kopi yang sudah ada sejak lebih dari satu abad yang lalu ini terletak di daerah dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 135 Agama Islam Kelas 3 Insya Allah Aku Bisa Bersyukur Kepada Allah Swt Kurikulum 2013

Gayo terkenal dengan kualitas kopi arabikanya yang sempat dinobatkan sebagai arabika terbaik di dunia, bukan hanya sekali tapi beberapa kali. Bahkan pada tahun 2010 kopi ini diakui sebagai kopi terenak di dunia oleh Conference Of Coffee Science.

Kopi Gayo mempunyai tingkat keasaman yang seimbang, kekentalan yang ringan, rasa yang tidak terlalu pahit, dan aroma harum yang khas.

Kopi ini juga dikenal dengan nama green beans karena pembudidayaannya yang nyaris tidak menggunakan pupuk buatan sama sekali. Prinsip inilah yang membuat kopi Gayo sangat dihargai oleh para penggemarnya di seluruh dunia.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Agam Sumbar, Ini Penjelasan BMKG

3. Kintamani

Bergeser ke timur, pegunungan Kintamani, Bali juga dikenal sebagai salah satu daerah dengan hasil biji kopi terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat