bdadinfo.com

Fenomena Planet Sejajar Bakal Terjadi Akhir Maret 2023, Kamu Bisa Lihat Secara Langsung! - News

Fenomena Planet Sejajar Bakal Terjadi Akhir Maret 2023, Kamu Bisa Lihat Secara Langsung! (pexels.com)

 - Fenomena langka akan menjadi penghias di langit malam pada akhir Maret 2023 ini. Pasalnya peristiwa astronomi yang disebut 5 planet sejajar akan terjadi.

Peristiwa 5 planet sejajar merupakan kejadian astronomi saat Jupiter, Merkurius, Venus, Uranus, dan Mars akan berkumpul dan membentang dalam garis yang memanjang sekitar 50 derajat sky sector.

Bill Cooke, ketua di kantor meteorit NASA mengatakan bahwa fenomena 5 planet sejajar ini akan sangat indah untuk disaksikan.

Baca Juga: Deretan Fenomena Langit 2023, Mulai Gerhana Matahari Hingga Blue Moon

“Jika kamu keluar rumah tepat setelah matahari terbenam dan melihat ke barat, maka akan terlihat lima planet ini terbentang dalam garis yang memanjang,” ucap Bill.

Untuk dapat melihat peristiwa ini dengan baik, maka langit arah barat ketika matahari terbenam harus jelas dan tidak mendung.

Menurut Bill planet Jupiter, Venus, dan Mars akan mudah untuk dilihat. Tapi Merkurius dan Uranus membutuhkan alat bantu seperti teropong.

Baca Juga: Fenomena Orang Dalam Jadi Perbincangan Publik, Apakah Orang Dalam itu Berpengaruh? Simak Penjelasan Berikut

“Siapapun yang melihat ke arah barat ketika senja, berkesempatan untuk melihatnya,” kata Bill menambahkan.

Jupiter dan Merkurius akan terletak dekat dengan cakrawala. Mars akan terlihat berada di samping bulan, Venus juga akan berada di dekatnya. Sedangkan Uranus akan terlihat sebagai planet kehijauan tepat di atas bulan.

Mantan astronot Buzz Aldrin juga mengingatkan peristiwa tersebut lewat tweet-nya.

“Jangan lupa untuk melihat ke langit pada akhir bulan ini, untuk melihat planet sejajar yang akan memiliki lima planet ditambah bulan. Semua akan membentang terlihat seperti busur jika dilihat dari bumi,” ujarnya.

Selain pada akhir bulan Maret 2023 ini, peristiwa kosmik planet sejajar juga dapat kembali disaksikan pada 11 April dan 24 Agustus tahun 2023.

Merkurius, Uranus, Jupiter, Neptunus, dan Saturnus juga akan sejajar dan dapat disaksikan pada 17 Juni 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat