bdadinfo.com

Hidangan Kuliner Khas Sumbar untuk Lebaran, Cita Rasanya Bikin Rindu Kampung Halaman - News

Hidangan khas Sumbar untuk momen lebaran, mulai dari makanan berat hingga jajanan. Cita rasanya bikin rindu kampung halaman. (glory-travel.com)

– Momen hari raya atau lebaran adalah momen yang sangat dinantikan oleh semua umat muslim.

Apalagi bagi mereka yang sudah merencanakan pulang kampung halaman untuk bertemu keluarga dan menyantap hidangan khas daerah masing-masing.

Berikut beberapa hidangan khas Sumbar (Sumatera Barat) yang biasa disajikan saat hari lebaran, cita rasanya bikin rindu kampung halaman deh.

Baca Juga: Resep Kimbap Rendang Ala Maudy Ayunda, Begini Reaksi Suami Korea Pas Makan

  1. Lemang

Lemang adalah hidangan khas Sumbar yang pertama, hidangan ini hanyalah nasi yang biasanya lebih bisa dikombinasikan dengan lauk lainnya.

Lemang bisa jadi gantinya ketupat atau lontong, perbedaannya adalah lemang dibuat dengan campuran beras ketan dan santan, sementara ketupat atau lontong hanya menggunakan bahan seperti beras biasa dan air saja.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Perawatan Bibir Bikin Lembap, Kenyal, Anti Kering dan Pecah-pecah Saat Bulan Puasa

  1. Lemang Tapai

Hidangan khas Sumbar berikutnya adalah lemang tapai, hidangan ini dimasak dengan menggunakan bambu makanan yang terbuat dari beras ketan hitam.

Lemang tapai ini memiliki rasa yang manis berbeda dengan lemang biasa yang cita rasanya cenderung tawar atau sedikit gurih.

Dinamakan lemang tapai karena cara dan bahan penyajiannya yakni beras hitam disajikan dengan disiram tapai atau tape dalam bahasa daerah setempat.

Baca Juga: Pakar UGM Tidak Sarankan Berbuka Puasa dengan Gorengan, Sebaiknya Ganti dengan Menu Ini

  1. Ikan Bilih

Hidangan ini juga merupakan hidangan khas Sumbar, tepatnya di daerah Tanah Datar.

Hal ini karena jenis ikannya yakni ikan bilih adalah ikan endemik yang hanya ditemukan dan populasi terbesarnya di Danau Singkarak, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar).

Ikan ini menjadi salah satu ikan primadona yang banyak digemari warga setempat, cara mengolahnya biasa dengan dikeringkan dan diasinkan dengan maksud agar mampu bertahan lebih lama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat