bdadinfo.com

Bisa Karena Alam atau Manusia, Berikut 4 Penyebab Kebakaran Hutan yang Nantinya Bisa Merugikan - News

Penyebab kebakaran hutan beragam dan sebagai manusia harus turut menjaga hutan (YIvers/Pixabay)

- Hutan yang ada di bumi ini adalah jantung dunia, dan itu benar adanya. Mirisnya, kebakaran hutan kerap terjadi. Maka itulah penting untuk tahu penyebab kebakaran hutan.

Di hutan, umumnya terdapat banyak pohon yang bisa menghasilkan banyak oksigen. Jika terjadi kebakaran hutan, penyebab kebakaran hutan harus ditelusuri karena pentingnya peranan hutan.

Penyebab kebakaran hutan bisa bersumber dari alam, bisa juga dari manusia. Sebagai manusia yang beradab, tentu kita harus mencegah aktivitas yang dapat berkontribusi untuk kebakaran hutan.

Baca Juga: Burundi Negara Termiskin dunia 2023, Ternyata ini Penyebabnya

Kebakaran hutan merupakan suatu kejadian yang merugikan bukan hanya untuk bumi, tapi juga manusia, binatang, dan ekosistem.

Api dari kebakaran hutan bisa menghasilkan asap yang tidak baik dihirup oleh manusia dan hewan. Terlalu lama menghirup udara yang buruk bisa berbahaya bagi kondisi kesehatan.

Maka dari itu, kita perlu menjaga kelestarian hutan secara konstan. Hutan bahkan tidak hanya berfungsi untuk bumi, tapi juga bisa menjadi tempat yang dinikmati oleh makhluk hidupnya.

Apa saja hal yang bisa menyebabkan kebakaran hutan? Berikut penjelasannya.

1. Petir

Petir adalah gejala alam, tentu ini menjadikannya sebagai penyebab kebakaran hutan yang alami. Tidak hanya hutan, petir yang menyambar apapun juga bisa menyebabkan kebakaran.

Sambaran petir yang mengenai pohon atau area di hutan bisa menyebabkan seluruh hutan ikut terbakar. Tingkat kelembapan yang rendah juga bisa mendukung kebakaran yang disulut petir.

2. Letusan vulkanik gunung berapi

Saat gunung api meletus, maka akan ada lava yang menyertai. Lava terhitung sangat berbahaya bagi semua hal yang berada di dekatnya karena bersifat sangat panas.

Lava berjalan lamban, tapi bisa membakar pohon atau semak belukar yang dilewatinya. Panas lava yang ekstrem menyebabkan vegetasi terbakar dan menyebar hingga terjadi kebakaran hutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat