bdadinfo.com

Prinsip Pareto tentang Efektivitas Bekerja, 80 Persen Hasil Dikeluarkan oleh 20 Persen Usaha - News

Grafik Penjelasan Prinsip Pareto (djkn.kemenkeu.go.id)

- Mengenal Prinsip Pareto atau yang lebih dikenal dengan prinsip 80/20, di mana 80% hasil dikeluarkan oleh 20% usaha.

Prinsip ini dikeluarkan oleh seorang Insinyur yang juga merupakan seorang filsuf dan ekonom asal Genoa, Vilfredo Federico Damaso Pareto atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pareto.

Prinsip Pareto merupakan hasil penelitian Vilfredo Pareto terhadap kehidupan sosial-ekonomi pada masyarakat atau bangsawan Italia saat itu.

Baca Juga: Dikenal Galak, Intip Profil Simon Cowell, Juri America's Got Talent yang Beri Putri Ariani Golden Buzzer

Pareto berkesimpulan bahwa 80% kekayaan yang terdapat di Italia dikuasai oleh elit-elit yang ada di Italia yang jumlahnya tidak lebih dari 20%.

Begitu juga sebaliknya, 80% dari keseluruhan rakyat di Italia hanya sebanyak 20% rakyat saja yang dapat menikmati kekayaan negaranya sendiri.

Selanjutnya, teori 80-20 Pareto ini dikenal dengan hukum Pareto (Pareto Law) atau Prinsip Pareto atau The 80-20 rule, The Law of The Vital Few atau The Principle of Factory Sparsity.

Prinsip Pareto ini dikatakan oleh Pareto akan berlaku di Negara manapun dan belahan bumi manapun, termasuk di Indonesia saat ini.

Sebenarnya, Hukum Pareto ini dipopulerkan oleh Seorang Ahli Manajemen Mutu, Joseph M Juran dengan sifat yang lebih universal.

Juran yakin bahwa Prinsip Pareto 80-20 ini dapat diterapkan dalam seluruh sendi kehidupan manusia dimulai dari sosial-budaya, sosio-politik, sosial-ekonomi, dan lain sebagainya.

‘Roh Matematik’ dari Prinsip Pareto adalah 80% reaksi sebenarnya dihasilkan dari 20% aksi yang dilakukan.

80% kesuksesan yang sudah kamu raih berasal dari 20% usaha yang kamu keluarkan.

Hal tersebut berarti, 20% tindakan dan pemikiran kamu selama hidup yang mampu kamu maksimalkan akan menghasilkan 80% keberhasilan dan kesuksesan.

Pun begitu dengan 20% waktu yang kamu keluarkan dengan maksimal akan menghasilkan 80% kesuksesan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat