bdadinfo.com

Mengenal Kue Timpan, Kue Tradisional Aceh yang Legit dan Cara Membuatnya - News

Mengenal Kue Timpan, Kue Tradisional Aceh Yang Legit/Top Wisata

- Aceh tidak hanya dikenal dengan kekayaan bumbu kulinernya. Perlu diperhatikan bahwa ada makanan khas Aceh yang rasanya manis banget dan bikin kangen makannya terus, apalagi kalau bukan kue timpan khas Kota Aceh.

Jajanan manis yang terbuat dari tepung ketan ini menjadi makanan favorit masyarakat Aceh saat hari besar Islam seperti Idul Fitri.

Selain hari raya penting, kue timpan juga sering dijumpai pada jamuan makan, arisan, dan acara penting masyarakat Aceh lainnya. Rasanya yang enak membuat kue ini digemari kalangan muda maupun tua.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik dari Sate Padang, Hidangan Kuliner Khas Minangkabau yang Tak Kalah dengan Rendang

Kue timpan biasanya disiapkan satuatau dua hari sebelum hari raya, dan umur simpannya sekitar satu minggu, agar tidak cepat basi dan cepat busuk.

Secara fisik, kue timpan merupakan kue basah yang dibungkus dengan daun pisang muda.

Memiliki rasa manis dan gurih yang khas, masyarakat Aceh menyiapkan kueh timan dengan berbagai rasa dan isian, seperti kelapa, pisang, dan seringkali srikaya.

Salah satu keistimewaan dari tambur iniadalah bahannya yang merupakan campuran beras ketan dan pisang. Perpaduan kedua bahan ini tentunya menciptakan perpaduan rasa yang unikdan sangat berbeda.

Selain itu terbantu dengan isi kuenya yang tentunya terdiri dari kelapa parut atau srikaya yang membuat sajian ini terasa lebih istimewa. Pisang yang digunakan biasanya pisang raja karena memiliki tekstur yang halus dan rasa yang sangat kuat.

Baca Juga: Intip Prosesi Manjapuik Marapulai: Pernikahan Adat yang Elegan dan Bermakna di Minangkabau

Selain itu, daun pisang yang digunakan kebanyakan adalah daun pisang muda. Karena daun pisang muda selain lebih lentur, juga bisa menambah cita rasa kue saat dikukus.

Saat membuatnya, pertama-tama Anda perlu membuat adonan ketan dan pisang. Untuk membuatnya, santan, pisang, dan tepung ketan direbus.

Kemudian secara bertahap tambahkan gula dan garam dan aduk perlahan hingga matang.

Kemudian dinginkan beberapa saat. Setelah dingin, adonan diuleni atau digulung menjadi satu. Setelah menyiapkan adonan, siapkan isi Timpan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat