bdadinfo.com

3 Fakta Menarik dari Sate Padang, Hidangan Kuliner Khas Minangkabau yang Tak Kalah dengan Rendang - News

3 Fakta Menarik dari Sate Padang, Hidangan Kuliner Khas Minangkabau yang Tak Kalah dengan Rendang/ Indonesiatravel

- Sate Padang adalah hidangan berbahan dasar daging sapi yang berasal dari Sumatera Barat.

Seperti namanya, Sate Padang berasal dari Kota Padang yang identik dengan bumbu kacangnya yang khas dan ditemani dengan potongan lontong yang mengenyangkan.

Jenis kuliner khas Minangkabau yang satu ini tak kalah enaknya dengan rendang yang telah dinobatkan makanan terlezat di dunia.

Potongan daging yang ditusukkan ke sebuah lidi kelapa atau dari bahan bambu ini sudah tidak asing dan dari bentuknya sama dengan sate-sate yang berasal dari daerah lain.

Tapi, hal yang paling membedakan sate Padang dan sate lainnya terletak pada bumbu kacang yang dilumuri ke setiap tusukan daging. Dengan ini, membuat gurihnya terasa di setiap gigitan.

Baca Juga: Jual Perempuan ke Pria Hidung Belang, Bapak 59 Tahun Diringkus Polres Tanah Datar

Lalu, apalagi yang menjadikan Sate Padang lebih istimewa dari jenis sate lainnya? Maka, simak yang berikut ini:

Asal Usul Sate Padang

Sate Padang sudah ada sejak jaman dulu. Selain dari daging sapi, bahan dasar yang digunakannya memakai lidah sapi dan jantung sapi.

Menurut sejarah dari mulut ke mulut, konon sate ini berasal dari Padang Panjang. Lalu, mengalami perkembangan dan semakin dikenal luas melalui peziarah dan santi.

Peziarah dan santri ini mempopulerkannya dengan cara bepergian ke Pariaman yang kala itu dikenal sebagai pusatnya untuk mereka yang ingin belajar pendidikan agama Islam.

Sementara itu, untuk penyebarannya ke luar wilayah yang lebih luas, misalnya ke pulau Jawa bisa jadi dibawa oleh perantau.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pria dari suku Minangkabau yang beranjak dewasa akan merantau ke tempat asing untuk mencari ilmu dan kesuksesan yang akan dibawa kembali pulang.

Baca Juga: 5 Selebritas Indonesia Berasal dari Sumatera Barat Menikah dengan Adat Minangkabau, Ada yang Dapat Gelar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat