bdadinfo.com

Ini Daftar Hari Baik di Bulan September 2023 Menurut Kalender Jawa, Catat Sebelum Bikin Hajatan! - News

Ilustrasi kalender Jawa (pexels)

 

- Jika ingin bepergian, membangun rumah, melangsungkan hajatan atau acara sakral di bulan September 2023, ada baiknya kita memperhatikan terlebih dahulu hari-hari baik menurut kalender Jawa di bulan tersebut.

Bulan September 2023 memiliki sejumlah hari baik yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Jawa memberikan kelancaran, dan kesuksesan untuk melakukan kegiatan tertentu.

Dengan alasan tersebut, dapat dimaklumi jika masyarakat keturunan Jawa memperhatikan tanggal dan hari baik dalam merencanakan sebuah acara.

Baca Juga: Anak Skena Merapat! Ini 3 Cafe di Palembang yang Cocok untuk Nongkrong Asik, Lokasinya Ada yang di dalam Pasar

Tidak heran pula jika di era modern ini sistem penanggalan Jawa masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Penggunaan kalender Jawa sudah berlangsung sebelum kalender Masehi dikenal luas oleh masyarakat, yakni sejak masa Kesultanan Mataram.

Kalender Jawa memiliki keistimewaan karena memadukan unsur-unsur sistem penanggalan Islam, penanggalan Hindu, dan penanggalan Julian sebagai bagian dari budaya Barat.

Baca Juga: Benarkan Sopir yang Tabrak Bocah 5 Tahun di Lampung Adalah Anggota DPRD, Kasatlantas: Dia Tak Hati-hati

Penamaan bulan pada penanggalan Jawa merupakan perpaduan dari beberapa bahasa, yaitu bahasa Jawa, bahasa Melayu, bahasa Arab, dan bahasa Sansekerta.

Kalender Jawa juga mengenal istilah wuku, yaitu siklus selama tujuh hari atau satu pekan. Ada 30 wuku yang masing-masing memiliki nama tersendiri.

Wuku ini digunakan untuk penentuan hari baik dan hari buruk yang juga berhubungan dengan weton atau nepton.

Baca Juga: Penyanyi Terkenal Tanah Air yang Bersuara Emas dan Berdarah Minang, Nomor 3 Terjun ke Dunia Politik

Perhitungan wuku atau pawukon ini diyakini penting terutama oleh masyarakat keturunan Jawa untuk menghindarkan diri dari malapetaka dan mendekatkan diri pada keselamatan.

Walau saat ini tidak banyak dipahami orang, nyatanya wuku masih disebut-sebut dalam channel-channel Youtube yang membahas budaya Jawa, salah satunya channel Youtube Eyang Kondo Buwono.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat