bdadinfo.com

Sinopsis Bumi Manusia, Kisah Cinta Pemuda yang Hidup Pada Zaman Penjajahan Belanda, Tayang 17 Agustus 2023 - News

Kisah Cinta antara Pemuda Jawa dengan Wanita Keturunan Indo-Belanda di Film Bumi Manusia (cultura.id)

- Trans TV akan menayangkan film spesial kemerdekaan Indonesia, dengan penuh suka cita dan memiliki adegan yang berkesan dalam meraih perjuangan meraih kebebasan.

Film Bumi Manusia, merupakan film yang terinspirasi dari buku karya yang diciptakan oleh Pramoedya Ananta Toer, dalam perjuangan untuk menumbuhkan ikatan cinta meskipun terhalang oleh faktor status sosial.

Penasaran dengan filmnya? Mari kita lihat sinopsis film ini.

Baca Juga: Jokowi Menepis Tegas atas Julukan 'Pak Lurah' yang Disematkan Padanya: Saya Presiden Republik Indonesia!

Dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi dan Donny Damara merupakan film yang paling layak ditonton, karena memiliki nilai sejarah yang tidak dilupakan pada masa penjajahan

Film yang dirilis pada tanggal 15 Agustus 2019, menceritakan tentang seorang pemuda yang jatuh cinta dengan wanita kalangan bawah, tetapi cinta mereka tidak direstui karena mendapat pertentangan yang kuat pada saat itu.

Film ini diawali saat pemuda Jawa bernama Minke (Iqbaal Ramadhan) yang belajar di sekolah khusus untuk orang-orang Eropa, yaitu Hogere Burger School (HBS).

Baca Juga: Tim Pengabdian kepada Masyarakat UNP Edukasi Siswa Terkait Efektivitas Penggunaan Internet di SMAN 15 Padang

Pada masa itu orang-orang Indonesia (Bumiputera) yang boleh bersekolah di HBS hanya untuk mereka yang berasal dari kalangan ningrat atau pejabat.

Minke sebenarnya bukan nama asli, tetapi dia mendapat julukan Minke yang merupakan plesetan lucu dari kata monkey yang berarti monyet.

Sebenarnya nama asli Minke sendiri adalah Tirto Adhi Soerjo (Dikenal dengan nama Raden Mas Djokomono yang kelak akan menjadi tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia, dan dikenal sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia).

Baca Juga: Sekum Gekrafs Sumbar Cindy Monica Apresiasi Proses Darak Badarak Raih Runer Up IGT 2023

Saat itu Minke jatuh hati pada Annelies Mellema (Mawar de Jongh) yang merupakan anak Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti), namun Nyai Ontosoroh sebenarnya merupakan istri simpanan orang Belanda, Mellema.

Kedudukan Nyai Ontosoroh dipandang rendah dimata Belanda, bahkan saat itu tidak jauh berbeda dengan hewan peliharaan maupun budak.

Di saat bersamaan, pertemuan dengan Nyai Ontosoroh justru membuka pandangan Minke tentang dunia dan budaya Eropa, tetapi Nyai Ontosoroh menunjukkan perlawanan terhadap penindasan yang membuat Minke kagum.

Baca Juga: Dinanti-nanti Tiap Tahun, Demonstrasi Udara Pesawat Tempur TNI AU siap Beraksi pada 17 Agustus 2023

Ternyata Perlawanan yang dilakukan oleh Nyai Ontosoroh mulai terlihat, saat status pengasuhan Annelies mulai digugat oleh pengadilan kolonial, sehingga hubungan Minke dan Annelies mendapat penolakan keras dari berbagai pihak.

Termasuk ayah Minke yang merupakan Bupati, sehingga Minke dan Annelies harus berhadapan dengan hukum kolonial disaat sedang memperjuangkan cinta mereka.

Akankah cinta mereka akan direstui atau justru mendapat penolakan yang begitu keras dari orang tua kedua belah pihak dan aturan ketat pada masa Kolonial?

Baca Juga: Jakarta Resmi jadi Kota Paling Tercemar di Dunia, Presiden Jokowi Mengalami Batuk Akibat Polusi Udara

Nantikan kisah cinta anak muda yang hidup pada era Kolonialisme di Acara Bioskop Trans TV pada Kamis 17, Agustus 2023.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat