bdadinfo.com

Kabut Asap Makin Pekat di Kota Padang, Bukit Barisan Hilang dari Padangan - News

Kabut Asap Makin Pekat di Kota Padang, Bukit Barisan Hilang dari Padangan. (Jefrimon/Harianhaluan.com)

- Langit seperti mendung namun tak hujan, hal itu terjadi di Kota Padang pasca kabut menyelimuti Kota Padang beberapa hari ini.

Menurut data dari Indeks Standard Pencemar Udara (ISPU) Kota Padang sudah menunjukkan nilai 80 dalam katagori sedang pada, Kamis 14 September 2023.

Nilai ini meningkat 20 poin dari kemarin yg masih 60. Jika tidak ada hujan atau angin kencang, berkemungkinan pada Jumat 15 September 2023, ISPU sudah mencapai nilai 100 yang termasuk kategori tidak sehat.

Baca Juga: Prakiraan BMKG: Kabut Selimuti Beberapa Daerah di Sumbar, Kota Bukittinggi Layaknya Ditutupi Kapas Tebal

Pantauan , kabut asap makin hari semakin bertambah parah hingga bukit barisan seperti tidak tampak lagi.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon mengimbau warga untuk memproteksi diri dengan mengenakan masker pada saat adanya kabut asap ini, Selasa 12 September 2023.

"Kita himbau masyarakat untuk sementara tidak banyak beraktifitas di luar ruangan. Apabila berada di luar ruangan, diharapkan untuk memproteksi diri dengan mengenakan masker," ujar Mairizon.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca BMKG: Kabut akan Selimuti Banyak Daerah di Sumatera Barat Malam Hari, Ini Daftar Wilayahnya!

Mairizon mangatakan berdasarkan pantauan stasiun AQMS Kota Padang, udara di Kota Padang tidak lagi berada di kategori baik.

"Hal ini terjadi Sejak hujan tidak turun, udara di Padang berkategori sedang dan kita akan selalu lakukan pemantauan kualitas udara setiap pagi," sebut Mairizon.

ISPU Kota Padang pada Senin dan Selasa pagi berkategori sedang dengan nilai 63.

"Terkait hal ini kita terus mengimbau warganya untuk tidak membakar sampah. Serta membuang sampah pada tempatnya," katanya.

"Kita juga ingatkan para petani, apabila panen, jerami agar tidak dibakar karena menambah pekatnya kabut asap," pungkasnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat