bdadinfo.com

Temui Pelaku UMKM Riau, Wamendag Jerry Sambuaga Dorong Inovasi Produk - News

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menemui para pelaku UMKM Riau, sang wamen mendorong inovasi produk.

- Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengunjungi sentra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Teras Kota Food and Play di Kabupaten Kampar, Riau untuk berdiskusi dengan pelaku UMKM hari ini, Rabu (20/9).

Wamendag Jerry menekankan pentingnya pelaku UMKM memulai dan meningkatkan inovasi produk.

"Pelaku UMKM Riau tidak perlu ragu berinovasi. Kementerian Perdagangan siap mengkurasi produk UMKM dan memberi pendampingan hingga siap ekspor. Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) menyelenggarakan sejumlah pendidikan dan pelatihan berlokasi di kantornya di bilangan Grogol. Selain itu, PPEJP juga rutin menggelar program pendampingan ekspor (Export Coaching Program/ECP)," urai Wamendag Jerry.

Baca Juga: Inilah Respon Presiden Jokowi Terkait Adanya Isu Menteri Cekik Wamen: Tolong Dikroscek!

Lebih lanjut, pemerintah menunjukkan keberpihakan kepada UMKM dengan menyediakan berbagai fasilitas dan menggelontorkan bantuan untuk memberdayakan UMKM. Kementerian Perdagangan termasuk salah satunya.

Wamendag Jerry menerangkan, Kementerian Perdagangan memfasilitasi pengembangan UMKM agar produknya semakin baik dan kompetitif, serta mendapatkan buyer pada tahap selanjutnya.

Pertama, mengkurasi dan menggelar pelatihan ekspor, seperti merancang kemasan atau prosedur ekspor. Kedua, melakukan standardisasi dan sertifikasi, seperti Standar Nasional Indonesia (SNI) dan sertifikasi
halal. Peraturan Menteri Perdagangan No 50 Tahun 2020 yang tengah direvisi, salah satunya mensyaratkan pelaku usaha harus mencantumkan SNI dan logo halal di kemasannya sesuai ketentuan yang berlaku.

Ketiga, penjajakan kesepakatan bisnis. "Untuk ini, pelaku UMKM dapat difasilitasi 46 perwakilan perdagangan (perwadag) yang tersebar di seluruh dunia. Mereka dapat memberi informasi pasar kepada pelaku UMKM, seperti produk apa yang dapat diterima di negara tempat perwadag tersebut ditugaskan atau bagaimana karakteristik pasar. Perwadag juga dapat memfasilitasi pertemuan dengan pelaku usaha setempat dan keikutsertaan di pameran di luar negeri," urai Wamendag Jerry.

Diskusi dihadiri 50 pelaku UMKM makanan dan minuman, serta kerajinan di Riau. Turut hadir Ketua Umum Forum UKM Indonesia (Forkindo) Riau Muhammad Aulia; Ketua Harian Forkindo Riau Pulzi Koto; anggota DPRD Riau Sewitri, dan Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Koperasi UKM Provinsi Riau Tetty Nurdianti.

Baca Juga: Viral Kabar Menteri Cekik Wamen Saat Rapat Kabinet, Presiden Jokowi Respons Begini

Teras Kota adalah pusat bisnis dan jasa terdiri dari pusat oleh-oleh, permainan anak-anak, dan terdapat gerai peti kemas yang menyajikan dan memasarkan beraneka ragam produk makanan olahan dan kerajinan dari 100 pelaku UMKM Riau.

Teras Kota juga menjadi tempat berkumpulnya para komunitas untuk menikmati makanan yang dijual dari gerai peti kemas.

Teras kota berdiri pada tanggal 10 Mei 2022 silam. Nama Teras Kota diambil berdasarkan wilayah berdirinya Bangunan Teras Kota berbatasan langsung antara Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar. Teras Kota diharapkan menjadi pusat bisnis dan pusat pengembangan UMKM Riau.

Saksikan Pelantikan DPD PAPEINDO Riau
Usai berdiskusi dengan pelaku UMKM, Wamendag Jerry menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Ahli Perdagangan Ekspor Impor Indonesia (PAPEINDO) Riau periode 2023-2028.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat