bdadinfo.com

Dorong Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Wamendag Jerry Tegaskan Dukungan untuk Pengusaha Muda & UMKM - News

Wamendag Jerry Sambuaga menegaskan dukungan untuk pengusaha muda dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan komitmennya untuk mendukung perkembangan pengusaha muda.

Caranya, melalui monitoring, pendampingan, bantuan promosi, kemudahan dalam hal izin berusaha, serta membangun ekosistem yang mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Kolaborasi antara Kementerian Perdagangan dan pengusaha muda diharapkan dapat mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Paparkan Potensi Ekonomi Indonesia, Wamendag Jerry Harapkan Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Ghana

Hal tersebut diungkapkan dalam Youth Forum di Hotel Sheraton, Kabupaten Badung, Bali pada hari ini, Kamis (12/10).

“Kolaborasi antara Kementerian Perdagangan dan pengusaha muda diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat serta turut berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemuda-pemudi memiliki peran yang penting dalam memajukan ekonomi kreatif, salah satunya melalui pengembangan UMKM,” terang Wamendag Jerry.

Youth Forum digelar Asian-African Legal Consultative Organization. Tahun ini adalah ke-61 kalinya Youth Forum diselenggarakan.

Wamendag Jerry menambahkan, pemuda-pemudi merupakan sumber daya utama untuk pembangunan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia mencapai 275,77 juta jiwa pada 2022. Sebanyak 68,82 juta jiwa atau 24 persen di antaranya merupakan kelompok usia muda.

Baca Juga: Kunjungan Kerja ke New York, Wamendag Dorong Penguatan Hubungan Dagang Indonesia dan Amerika Serikat

Wamendag Jerry menyatakan, Indonesia sedang menikmati adanya bonus demografi. Artinya, Indonesia memiliki jumlah penduduk usia produktif (15-64 tahun) lebih besar dibandingkan usia non-produktif (0-14 tahun dan 65 tahun ke atas). Berdasarkan data BPS, persentase jumlah penduduk usia produktif pada 2020 mencatat nilai tertinggi, yaitu 70,72 persen.

“Dampak positif bonus demografi terhadap peluang usaha di Indonesia adalah meningkatkan peluang tenaga kerja. Indonesia harus dapat memanfaatkan hal tersebut untuk dapat mencapai Indonesia Emas 2045,” ujar Wamendag Jerry

Lebih lanjut, Wamendag Jerry menilai, generasi muda biasanya dapat berpikir kritis dan lebih berani mengambil resiko serta memiliki ide dan gagasan yang kreatif. Kreativitas dan kegigihan anak muda semakin mendorong kontribusinya terhadap UMKM Indonesia.

Pada 2022, kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai 60,5 persen dengan 16 juta UMKM sudah memanfaatkan platform perdagangan digital.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat