bdadinfo.com

GM PLN: Pasokan Listrik Sumbar 787,45 MW, 50,3 Persen dari Pembangkit EBT - News

anggota Dewan Energi Nasional (DEN) As Natio Lasman. (Humas PLN )

- Pasokan listrik Sumbar 787,45 MW, 50,3 persen dari pembangkit EBT.

Hal itu disampaikan General Manager PLN UID Sumbar, Eric Rossi Priyo Nugroho saat sosialisasi Rancangan Peraturan Pemerintah Kebijakan Energi Nasional (RPP KEN) dan Implementasi Rencana Umum Energi Daerah (RUED) Sumbar di Aula Gubernur Sumatera Barat, Rabu, 8 November 2023.

Hadir pada sosialisasi ini tiga orang anggota Dewan Energi Nasional (DEN) As Natio Lasman, Herman Darnel Ibrahim, Yusra Khan. Serta Kepala Dinas ESDM Sumbar Herry Martinus, perwakilan berbagai instansi Pemprov, Pemkot/Pemda, serta BUMN, Perguruan Tinggi, dan beberapa asosiasi terkait.

Baca Juga: Gandeng Pemerintah dan DEN, PLN Dukung Implementasi EBT di Sumbar

Eric menyebutkan, PLN siap bahu membahu dengan pemerintah daerah dan pihak terkait untuk mewujudkan percepatan transisi energi menuju NZE 2060.

"Sinergi dan kolaborasi yang harmonis antara pemerintah, pihak terkait, dan PLN Sumbar akan sukseskan realisasi NZE 2060," katanya.

Eric mengatakan, bahwa pasokan energi listrik di Sumatera Barat sendiri, saat ini dipasok dari pembangkit PLN dengan daya mampu sebesar 787,45 MW. 50,3 persen dari total daya mampu ini dipasok dari pembangkit EBT, yaitu 399,77 MW. Beban puncak atau penggunaan tertinggi pasokan listrik pada malam hari adalah 642 MW. Artinya Masih ada cadangan daya pembangkit sebesar kira-kira 145,45 MW atau 22,66 persen.

Baca Juga: Jadi Jantungnya Indonesia, Hari Listrik Nasional ke-78 Bukti Komitmen PLN Lanjutkan Transformasi 2.0

‘’Kami memiliki sumber daya EBT lebih dari separuh total seluruh pasokan listrik. Alhamdulillah, ini bahkan lebih besar dari capaian EBT nasional. Cadangan pasokan daya yang cukup besar pun dapat kita gunakan bersama untuk mendukung pembangunan atau pengembangan EBT di Sumatera Barat,’’ katanya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat