bdadinfo.com

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemko Padang Panjang Bersama Warga Goro di Batang Sikakeh - News

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemko Padang Panjang Bersama Warga Goro di Batang Sikakeh (Kominfo Padang Panjang)


PADANG PANJANG, — Rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni lalu masih berlangsung di Kota Padang Panjang.

Kali ini Pemko bersama warga melaksanakan gotong royong (Goro) di aliran sungai Batang Sikakeh, Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), Selasa (2/7/2024).

Terlihat ASN, THL, TNI, Polri serta warga setempat bahu membahu membersihkan sisa material lahar dingin di tujuh titik sepanjang 920 meter sungai yang melintasi kelurahan ini.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH), Alvi Sena, M.T, mengatakan, rangkaian Hari Lingkungan Hidup se-Dunia berakhir 5 Juli mendatang. Di antara rangkaiannya yaitu apel bersama, penanaman pohon, dan goro membersihkan sungai.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Resmikan Perhelatan MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam

Goro di Batang Sikakeh, sebut Alvi Sena, dilakukan lantaran kawasan ini pernah mengalami bencana, menyebabkan sedimentasi bahkan mengubah struktur sungai akibat pengikisan atau erosi di dinding sungai.

Harapannya, kegiatan goro bersama ini membangkitkan kepedulian. Menurutnya, rasa kurang peduli terhadap lingkungan kerap menimbulkan bencana. Seperti membuang sampah sembarangan di aliran sungai dan perusakan hutan.

“Ada oknum warga yang tidak peduli, melakukan perusakan hutan, buang sampah sembarangan di sungai, yang bisa berdampak terhadap terjadinya bencana. Kita berharap tidak terjadi lagi kejadian banjir bandang ini. Mari bersama menjaga lingkungan. Semoga Padang Panjang terbebas dari bencana,” ujarnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat