bdadinfo.com

Hari Ketiga Idul Adha, Penyembelihan Hewan Kurban Masih Berlangsung di Kota Padang Panjang - News

Hari Ketiga Idul Adha, Penyembelihan Hewan Kurban Masih Berlangsung di Kota Padang Panjang (IST)


PADANG PANJANG, — Penyembelihan hewan kurban masih berlangsung di hari kedua dan ketiga Iduladha. Data Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan), pada hari kedua, Selasa (18/6/2024), tercatat lebih kurang 176 hewan kurban disembelih. Selain sapi, enam di antaranya berupa kambing.

Adapun total keseluruhan hewan kurban di Padang Panjang sebanyak 620 ekor. Terdiri dari 597 sapi dan 23 kambing. Penyembelihan dilaksanakan di sejumlah masjid dan musala. Juga dilakukan pihak swasta, organisasi politik dan organisasi masyarakat.

“Penyembelihan hewan kurban terakhir Rabu (19/6/2004). Ada sekitar 12 sapi. Di antaranya dilaksanakan di Diniyyah Puteri (5 sapi), Masjid Munawarah Koto Panjang (2 sapi) dan di Masjid Nurul Khairat Kampung Manggis (5 sapi),” ujar Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan, drh. Wahidin Beruh.

Baca Juga: Viral Pungli Parkir di Kawasan Pantai, Dishub Kota Pariaman Panggil Pengelola

Dikatakannya lagi, penyembelihan hewan kurban di hari kedua ini terbanyak dilakukan di Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB), 139 ekor. Enam di antaranya berupa kambing dari Rumah Sakit Yarsi. Dari rumah sakit ini juga ada tiga sapi.

Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Masjid Muhammad Nur, Kelurahan Tanah Hitam PPB, Khairudin Chan menyampaikan, pelaksanaan penyembelihan pada hari kedua lantaran tenaga penyembelih yang berpengalaman tidak bisa datang dihari pertama.

“Tukang jagal yang lebih profesional ada kerjaan dihari pertama di masjid lain. Jadi kita putuskan hari ini melaksanakan penyembelihan. Alhamdulillah penyembelihan enam hewan kurban berlangsung lancar,” sebutnya. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat