bdadinfo.com

Kabar Gembira! Anak Badak Sumatera Telah Lahir di Taman Nasional Way Kambas, Kelahiran Kedua di Tahun 2023 - News

Seekor badak sumatera jantan telah lahir pada Sabtu, 25 November 2023 (ppid.menlhk.go.id)

- Seekor badak sumatera jantan telah lahir pada Sabtu, 25 November 2023 di Suaka Rhino Sumatera Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK).

Kabar ini disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dan menjadi kabar menggembirakan dari dunia konservasi Indonesia.

Anak badak sumatera berjenis kelamin jantan tersebut memiliki berat 25 kg dan lahir dari hasil perkawinan alami induk badak bernama Delilah dengan pejantan bernama Harapan.

Baca Juga: Siap-siap! Proyek Jalan Tol Sumatera Barat Terancam 'Gulung Tikar', Jokowi Pulang ke Kampung Halaman Tinggal Menghitung Hari

Kelahiran badak sumatera dari hasil perkawinan antara Delilah dan Harapan ini merupakan kelahiran badak sumatera kedua di tahun yang sama yaitu tahun 2023 di SRS TNWK.

"Kelahiran ini sekaligus menjadi kelahiran badak sumatera kedua di tahun 2023. Hal ini semakin menegaskan komitmen Pemerintah Republik Indonesia dalam melakukan upaya konservasi badak di Indonesia, khususnya badak sumatera," ujar Siti Nurbaya yang dikutip dari laman ppid.menlhk.go.id.

Berdasarkan laporan, badak Delilah melahirkan lebih cepat 10 hari dari perkiraan.

Baca Juga: Dorong Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik, Wamendag Jerry: Peluang Besar Indonesia Menjadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik

"Badak Delilah melahirkan anak jantan di luar waktu perkiraan, yaitu sekitar pukul 04.00 WIB, pada hari Sabtu, 25 November 2023. Di hari kebuntingan ke-460, 10 hari lebih cepat dari perkiraan kelahiran," ujar Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK, Satyawan Pudyatmoko.

Saat ditemui petugas SRS TNWK, badak Delilah sudah bersama anaknya di hutan dalam kondisi menyusui.

"Pada pukul 08.19 WIB, badak Delilah ditemukan sudah bersama anaknya di hutan oleh penjaga satwa SRS TNWK," ucapnya menambahkan.

Baca Juga: Mengoptimalkan Pengalaman Ponsel Baru: Tips Pengaturan Awal untuk Ponselmu

Indukan badak Delilah dan anaknya kini dalam pantauan dan dilaporkan dalam kondisi baik.

Anak badak Delilah sudah bisa berdiri dengan tegak dan dapat berjalan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat