bdadinfo.com

Jangan Terlewat, Ini Niat dan Doa Berbuka Puasa Nisfu Syaban 1444 H Lengkap Tulisan Latin dan Artinya - News

Ilustrasi Orang Berdoa di Bulan Syaban 2023

- Bulan Syaban mempunyai banyak keutamaan. Terdapat banyak ibadah yang dilakukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada bulan Syaban ini, sebelum Puasa Ramadhan 2023 / 1444 Hijriah,

Di antara keutamaan bulan tersebut adalah melakukan puasa sunnah Syaban. Yang dianjurkan adalah memperbanyak puasa pada bulan tersebut dan harinya pun bebas memilih sesuai kemampuan.

Bulan Sya’ban adalah bulan yang ke-8 dalam penanggalan hijriyah. Banyak hadits yang berbicara tentang keutamaan bulan Sya’ban.

Baca Juga: Said Didu Sentil Rencana Erick Thohir Pindahkan Depo Plumpang: Sudah Diduga BUMN Akan Dikorbankan

Sekilas jika melihat sejarah bahwa bulan Nisfu Syaban ada peristiwa yang tidak akan dilupakan oleh ummat muslim terkait pemindahan arah qiblat dari masjid Al-Aqsho ke arah Ka’bah Baitullah.

Selain itu bulan syaban juga merupakan waktu pengangkatan catatan semua amalan manusia baik yang buruk atau yang shalih.

Maka wajarlah jika bulan Nisfu Syaban termasuk bulan yang penuh dengan rahmat.

Baca Juga: Ramalan zodiak hari ini, Selasa 7 Maret 2023, Virgo Ada Angin Segar Hari Ini,Scorpio Terancam Flu Berat

Bulan Syaban menjadi kesempatan bagi seluruh ummat islam untuk meminta ampunan dari Allah SWT atas dosa yang telah diperbuat.

Puasa

Terdapat suatu amalan yang dapat dilakukan di bulan ini yaitu amalan puasa. Bahkan Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri banyak berpuasa ketika bulan Sya’ban dibanding bulan-bulan lainnya selain puasa wajib di bulan Ramadhan.

Baca Juga: Buya Yahya Ungkap Amalan yang Perlu Disiapkan Jelang Malam Nisfu Syaban

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa, sampai kami katakan bahwa beliau tidak berbuka. Beliau pun berbuka sampai kami katakan bahwa beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat