bdadinfo.com

Bangga! Karya Anak Bangsa, Robot Saka Melakukan Uji Coba di Exit Tol Sumedang Saat Laporan Arus Balik - News

Uji Coba Robot Saka Di Exit Tol Sumedang. (radarsumedang.com)

- Pada kawasan Exit Tol Sumedang kini terpasang sebuah patung robotik. Benda itu telah dikembangkan oleh Pemuda asal Desa Citimun, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Patung robotik yang dikembangkan dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini, terpampang di Pos Pengamanan Terpadu Arus mudik di Exit Tol Sumedang Kota.

Muhammad Ihsan Ismail sang punggawa robot mengatakan, robot ini akan di ujicoba pertama kali dengan menggunakan teknologi AI.

Baca Juga: Aksi Bersih Sampah Pantai Selatan Sukabumi Pasca Lebaran, Pemilik Warung: Pengunjung Sadar Dong!

Robot tersebut diperuntukan untuk mengabarkan arus balik lebaran 2023, bagaikan seorang reporter televisi.

"Robot saya beri nama Saka sebagai sampel untuk mempraktikan kecanggihan layaknya seorang reporter di lapangan, untuk memberikan informasi gambaran arus balik lebaran 2023," kata Ihsan, dikutip dari radarsumedang.com.

Menurut Ihsan, robot yang menggunakan anggota badan dari manekin pajangan ini, juga mempunyai kemampuan untuk berinteraksi dan mampu memberikan laporan cuaca.

"Saka dikembangkan untuk berkomunikasi dengan memberikan informasi. Meskipun saat ini baru sekedar di setting memberikan info cuaca dan lalulintas," ujar Ihsan.

Dengan perkembangan sistem robotik, robot buatan Ihsan ini mempunyai kelebihan lainnya dengan fitur sensor.
Robot ini dapat bergerak dengan sensor mata, sensor kepala, sensor tangan, serta suara yang dihasilkan teknologi AI sehingga terkesan seperti seorang reporter yang sedang memberikan laporan dilapangan.

"Saya membuat robot yang terbaru kemarin itu pembawa acara animasi, nah ini juga bisa berfungsi seperti itu. Tapi mungkin lebih baik digunakan di dalam ruangan supaya suara yang dihasilkan lebih jelas," ujar Ihsan.
seraya menyebut robot ini dibuat pada bulan Februari 2023.

Ihsan menambahkan, robot ini dibuat pada bulan Februari tahun 2023 lalu, dan saat ini dirinya telah mengembangkan beberapa penemuan di bidang teknologi.

Produk terbaru yang sedang dibuat Ihsan saat ini seperti Air Data Tester (alat untuk menguji indikator ketinggian dan kecepatan pesawat), Multi Temperatur Tester, Simulator Kokpit pesawat terbang dan masih banyak lainnya.

"Saat ini saya sedang membuat karya dibawah naungan perusahaan yang dibentuk oleh saya sendiri yaitu PT Hiber Technologi bersama teman-teman. Mudah-mudahan kedepannya bakal lebih dikembangkan lagi seperti sistem pemograman input data. Saya juga berharap teknologi AI ini bisa bermanfaat dan membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas pelayanan terhadap masyarakat dengan memberi informasi yang diperlukan," pungkas Ihsan.

Robot buatannya ini yang diberi nama Robot Saka, bagi kalian yang ingin memiliki robot tersebut. Robot ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 20 juta. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat