bdadinfo.com

Penerbangan Reguler Labuan Bajo Tetap Berjalan Selama KTT ASEAN ke-42 - News

Penerbangan Reguler Labuan Bajo Tetap Berjalan Selama KTT ASEAN ke-42





- Kementerian Perhubungan memastikan bahwa penerbangan reguler ke dan dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan tetap beroperasi selama KTT ASEAN ke-42 pada tanggal 9-11 Mei 2023.

Bandara akan beroperasi selama 24 jam dan akan ada penambahan penerbangan reguler, menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam pernyataan resmi yang dirilis di Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

Untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kelancaran setiap penerbangan VVIP, militer, charter, swasta, dan reguler selama perhelatan internasional, Kementerian telah mengatur beberapa langkah.

Salah satunya adalah dengan mengeluarkan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Udara Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penataan Operasional Penerbangan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, selama pelaksanaan KTT ASEAN 2023.

Surat edaran ini dikeluarkan pada 18 April 2023 dan akan mulai berlaku pada tanggal 7-13 Mei 2023.

Baca Juga: Viral! Foto Grabiel Prince Mencium Teman Laki-lakinya Tersebar, Netizen: Pantes ngerate Lyodra 3.5

Sumadi menghimbau agar pengelola maskapai dan bandara aktif memberikan informasi yang jelas kepada penumpang, seperti perubahan jadwal penerbangan, penundaan, pembatalan, kompensasi, proses pengembalian dana (refund), dan lainnya.

Ia juga mengimbau masyarakat yang akan bepergian dengan penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo untuk memperhatikan jadwal penerbangan pada masa puncak kedatangan dan kepulangan pesawat delegasi VVIP, yaitu pada tanggal 9 dan 11 Mei.

Untuk memastikan kelancaran operasional penerbangan reguler di Bandara Komodo, Kemenhub mengimbau agar seluruh pesawat VVIP yang parkir semalam berada di apron utara dan selatan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

“Kami berupaya untuk mencegah gangguan penerbangan bagi tamu undangan dan delegasi. Namun, kami juga ingin memastikan masyarakat tetap dapat mengunjungi dan menikmati keindahan Labuan Bajo selama KTT ASEAN, karena ini merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan Labuan Bajo,” ujar Sumadi.

Baca Juga: Selamat! Atta Halilintar Umumkan Anak Kedua, Aurel Hermansyah sampai Ngidam Daging

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mencatat bahwa penerbangan reguler pulang-pergi ke dan dari Labuan Bajo mencapai maksimal 18 kali sehari dalam kondisi normal.

Selama KTT ASEAN, diperkirakan akan ada penambahan 16 penerbangan VVIP dan reposisi pada tanggal 9 dan 11 Mei 2023.

Kementerian Perhubungan juga telah berkoordinasi dengan operator bandara, penanganan darat pesawat, petugas bea cukai, imigrasi, dan karantina (CIQ), serta pemangku kepentingan lainnya untuk memfasilitasi kedatangan dan kepulangan tamu dan delegasi VVIP.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat