bdadinfo.com

Sambut HUT Jakarta, RoJak Sambangi Sejumlah Tempat Bersejarah - News

Foto bersama member RoJak dengan anak-anak yatim/yatim-piatu di Museum Fatahilah salam rangka menyambut HUT Jakarta   (Kangmox)




Perayaan HUT Jakarta diperingati setiap tanggal 22 Juni. Penanggalannya mengacu pada sejarah Pangeran Fatahilah beserta pasukannya berhasil mengusir Portugis tahun 1527.

Dalam menyambut HUT Jakarta ke-496, Royal Riders Indonesia (RoRI) Chapter Jakarta melakukan kunjungan ke beberapa tempat bersejarah.

Sabtu, 10 Juni 2023 dua puluh member mengendarai sepeda motornya ke Cagar Budaya Rumah Si Pitung, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kawasan Museum Fatahilah.

Sementara aktivitas wajib setiap ada event yakni berbagi rezeki diisi dengan mengajak riding, makan, memberikan bingkisan anak-anak yatim/yatim-piatu.

Baca Juga: Bagnaia Berhasil Keluar Sebagai Pemenang Dalam Sprint Race di Sirkuit Mugello

Acara khusus menyambut HUT Jakarta dimulai dari jam 7 pagi. Seluruh peserta berkumpul dan disediakan sarapan di Sekretariat Nasional RoRI, Menteng, Jakarta Pusat.

Presiden Royal Riders Indonesia, Adnan Maddanatja beserta beberapa founder RoRI pun turut hadir dan riding bertajuk Satmori Menelusuri Sejarah dan Budaya Kota Jakarta.

Riding Menyambut HUT Jakarta

Lokasi pertama yang disinggahi adalah Cagar Budaya Rumah Si Pitung. Lokasinya sendiri berada di Jl. Kampung Marunda Pulo, Cilincing, Jakarta Utara.

Baca Juga: Rekam Jejak Brigjen TNI Dwi Sasongko: Danmentar Akmil Baru, 3 Kali jadi Lulusan Terbaik Pendidikan Militer!

Di sana rombongan disambut dengan Tari Kipas Betawi yang dibawakan oleh penari di kawasan cagar budaya tersebut. Setelah rehat sejenak rombongan melihat-lihat isi dari Rumah Si Pitung. Tidak hanya melihat dan berfoto, member RoRI Chapter Jakarta ditemani oleh pemandu untuk mendapatkan penjelasan tentang Si Pitung dan rumah tersebut.

Sebelum lanjut menjemput anak-anak yatim/yatim-piatu asuhan Yayasan Islam Al-Aqsha Kelapa Gading, Marshall RoRI Jakarta, Gunara Setiady menyerahkan cinderamata kepada perwakilan pengelola Rumah Si Pitung.

Setibanya di yayasan, rombongan disambut oleh pengasuh dan langsung mereka dipersilakan mengajak anak asuhnya untuk turut mengenal sejarah Kota Jakarta.

Tempat bersejarah pertama yang dikunjungi bersama anak asuh ialah Pelabuhan Sunda Kelapa. Selain itu tempat ini merupakan salah satu pelabuhan tertua di Indonesia.

Tidak terlalu jauh dari pelabuhan, rombongan melanjutkan Satmori dalam rangka menyambut HUT Jakarta ke Museum Sejarah Jakarta atau yang populer dikenal sebagai Museum Fatahilah.

Di area tersebut mereka shalat dzuhur berjamaah, makan bersama, dan penyerahan sedekah dari member RoRI Jakarta. Di sini juga hadir perwakilan dari Masjid Kapal Munzalan.

Gunara menyampaikan dirinya sangat bersyukur dan senang. Selain dapat mendatangi beberapa tempat bersejarah dalam terbentuknya Kota Jakarta juga bisa membahagiakan anak-anak yatim/yatim-piatu.

“Alhamdulillah senang, kegiatan RoJak (RoRI Jakarta) lancar sesuai rencana termasuk memberikan sedekah kepada adik-adik dari panti asuhan. In syaa Allah RoJak akan melahirkan kegiatan lebih besar skalanya dan manfaatnya,” ungkap Gunara.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat