bdadinfo.com

Deretan Proyek Jalan Tol di Pulau Sumatera yang Gagal Nyambung 2024, Cek Apakah Daerahmu? - News

Deretan Proyek Jalan Tol di Pulau Sumatera yang Gagal Nyambung 2024, Cek Apakah Daerahmu?

- Proyek jalan tol yang selesai tahun 2023 kemudian yang selesai tahun 2024 dan yang akan dikerjakan tahun 2024. Kali ini proyek jalan tol yang tidak akan nyambung di tahun 2024 pemerintahan Presiden Joko Widodo akan berakhir pada bulan Oktober tahun 2024.

Setelah meninggalkan jabatannya Presiden Jokowi masih menyisakan jalan tol Trans Sumatera yang belum selesai alias dipastikan tidak nyambung di tahun 2024 berdasarkan data badan pengelola jalan tol BPJT monitoring Juni 2023 masih ada

Sejumlah pekerjaan nanti di beberapa ruas proyek misalnya seksi Prabumulih Muara Enim sepanjang 54,6 KM yang progres pembebasan lahannya baru 19% realisasi konstruksinya pun baru berjalan 8,7 persen.

Baca Juga: 21.828 Stel Seragam Sekolah Gratis Buat Murid di Solsel, Ini Kata Bupati Khairunas

Seksi Prabumulih Muara ini merupakan bagian dari ruas Simpang Indralaya Muara Enim selain seksi tersebut ada juga seksi Simpang Indralaya Prabumulih yang sudah menerima sertifikasi like operasi pada tanggal 7 Juli 2023.

Dan akan diresmikan beroperasi setelah terbitnya keputusan Menteri PUPR luas ini memakan biaya investas Rp24,7 triliun dan biaya konstruksi Rp15,68 triliun

Selain ruas tersebut memerintah Jokowi juga masih menyisakan ruas Binjai Langsa khususnya segi empat Pangkalan Brandan Kuala Simpang serta seksi 5 Kuala Simpang Langsa yang hingga kini progres pembebasan tanah serta konstruksinya masih 0 persen.

Baca Juga: Andre Rosiade Antarkan Ambulans Prabowo untuk PW Muhammadiyah Sumbar

Dengan kondisi tersebut pemerintah lebih realistis dan menilai Butuh waktu yang lebih panjang pemerintah bertekad menyelesaikan tahap 1 dan tahap 2. Sedangkan tahap 3 dan tahap 4 bakal diselesaikan setelah tahun 2024.

Hal ini tertuang pada Peraturan Presiden nomor 131 Tahun 2022 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden nomor 100 tahun 2014 tentang percepatan pembangunan jalan tol di Sumatera.

Yang diterbitkan pada 2 Desember 2022 pengusahaan ruas jalan tol tahap 3 dan tahap sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 ayat 3 huruf c dan d dilakukan berdasarkan hasil evaluasi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga: Unik Banget! Kecamatan di Padang Pariaman Ini Bernama 2x11 Enam Lingkung, Apa Artinya?

Serta mendapatkan pertimbangan Menteri Keuangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara demikian bunyi pasal 28 ayat 10 berikut ini tahap 3 dan tahap 4 jalan tol Trans Sumatera yang dipastikan tidak selesai tahun 2024.

Dan akan diteruskan setelah tahun 2024 yang pertama adalah tahap 3 ruas jalan tol Dumai Simpang Sigambal Rantau Prapat kemudian ruas jalan tol Rantau Prapat Kisaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat