bdadinfo.com

Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa; Ayo Dukung Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan - News

Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa bersama peserta Bimtek. (Prokopim)

— Guna mengoptimalkan penerapan transisi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan di Kota Padang, Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan.

Bimtek yang diikuti para Pengawas SD, TK dan Penilik PAUD se-Kota Padang itu dibuka secara resmi oleh Wali Kota Padang yang diwakili Kepala Disdikbud Yopi Krislova. Juga hadir saat itu Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa di Hotel Axana Padang, Rabu (9/8/2023).

Mewakili Wali Kota Kepala Disdikbud Kota Padang Yopi Krislova menyebutkan, transisi PAUD ke SD adalah proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian anak dengan lingkungan belajar baru.

Baca Juga: Wako Hendri Septa Resmikan Bedah Rumah Program SEMATA bagi Keluarga Sri Wahyuni

Hal tersebut telah dijelaskan di dalam Surat Edaran Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 0759/C/HK04.01/2023.

"Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan adalah upaya kita untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya dengan rasa nyaman saat melaksanakan proses belajar mengajar. Hal ini sangat membantu anak-anak dalam berorientasi dengan lingkungan yang baru," ujarnya.

Pada saat yang sama Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa menilai, anak yang baru belajar di jenjang SD mesti diberikan perlakuan yang tidak jauh berbeda dengan masa mereka belajar di jenjang PAUD.

"Hal ini menjadi penting untuk memastikan secara psikis anak-anak merasa nyaman berada di situasi dan lingkungan yang baru, maka diharapkan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yang dapat mengembangkan kemampuan anak yang berkualitas," imbuhnya.

Lebih lanjut Bunda PAUD Kota Padang berharap melalui Bimtek Transisi PAUD yang Menyenangkan kali ini dapat memberikan pembekalan dan meningkatkan kompetensi pendidik PAUD di Kota Padang.

"Sehingga dengan itu dapat menciptakan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif serta semakin kreatif dalam memajukan pendidikan di Kota Padang ke depan."

"Saya berharap para narasumber dapat membekali peserta dengan kemampuan memahami, memaknai dan menerapkan konsep transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dengan baik dan otpimal di Kota Padang," harap Bunda PAUD Kota Padang menyemangati.

Dalam kesempatan itu Bunda PAUD Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa bersama Kepala Disdikbud Kota Padang Yopi Krislova dan Ketua Himpaudi Kota Padang Desi Susanti menandatangani komitmen bersama dalam mendukung transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Kota Padang.

Aksi itu juga diikuti para perwakilan Pengawas SD, TK dan Penilik PAUD bersama Guru SD kelas satu, Guru TK, Guru KB dan Guru SPS di Kota Padang.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat