bdadinfo.com

Sambut 1 Muharram 1444H, Warga Siteba di Kota Padang Gelar Lomba Masuak Lamang dan Rendang - News

Sambut 1 Muharram 1444H, Warga Siteba di Kota Padang Gelar Lomba Masuak Kamang dan Rendang

News - Dalam menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 H kali ini ada yang unik dilakukan Masjid Raya Almunawarah, Siteba, Kecamatan Naggalo Kota Padang.

Hal unik tersebut yaitu lomba memasak lamang dan lomba merendang yang dilakukan warga sekitar dan umumnya diikuti oleh kaum ibu-ibu untuk malamang dan bapak-bapak lomba merendang

Ketua pelaksana kegiatan menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1444 H di Mesjid Raya Almunawarah Johny Nurdin menjelaskan bahwa kegiatan malamang bagi ibu - ibu dan merandang bagu bapak - bapak lebih untuk melestarikan kuliner khas dari Minangkabau.

Baca Juga: Benarkah Libur 1 Muharram 2022 Akan Diundur? Simak, Berikut Penjelasan Lengkapnya

"Peserta malamang dan merandang ini melibatkan 6 RW yang ada di sekitar Mesjid Raya Al Munawarah, Siteba Padang dan kegiatan ini melibatkan kaula muda, yang bertujuan melestarikan masakan khas dari Minangkabau, dengan regenarasi cara memasak masakan ini," katanya Jumat 29 Juli 2022.

Menurutnya, lomba merendang dan melamang ini pertama kali diadakan di masjid dalam perayaan 1 Muharram 1444 H dan berharap, lomba seperti ini juga di buat oleh masjid-masjid lain yang ada di Kota Padang.

"Lomba ini baru pertama kali di adakan oleh pengurus mesjid yang ada di Kota Padang. Kalo lomba melamang dan merandang yang dibuat pemerintah tentu sudah banyak," katanya.

Baca Juga: Momentum 1 Muharram, Walikota Padang: Maknai dengan Peningkatan Kualitas Iman 

Johny Nurdin memaparkan juga, lomba merandang dan melamang ini tidak mencari pemenang, tetapi menciptakan kebersamaan antar rukun warga yang ada di lingkungan Mesjid Raya Al-Munawarah, Siteba, Padang.

"Kita tidak mencari pemenang dalam lomba ini. Melainkan memupuk rasa kebersamaan warga saja," katanya.

Ali (50) salah seorang warga yang mengikuti lomba merandang mengakui sangat senang kegiatan ini dibuat oleh Mesjid Raya Almunawarah. Ia berharap lomba-lomba seperti ini lebih sering di buat, sehingga akan memupuk rasa kebersamaan di tengah-tengah warga.

Baca Juga: Antisipasi Tawuran Antar Pelajar di Padang, Satpol PP Padang Lakukan Ini

"Kami dari RW V sangat senang dilaksanakan lomba seperti ini. Biasanya memasak rendang dilakukan oleh kaum ibu-ibu. Sekarang kami yang memasaknya. Tentu ibu-ibu dalam lomba ini sebagai penonton sambil menunjukkan cara pembuatan dan penyajian rendang," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat