bdadinfo.com

Mana yang Lebih Dulu, Ayam atau Telur? Begini Menurut Ahli Sains - News

Ilustrasi ayam dan telur

- Mungkin kamu sudah sering mendengar teka teki ini: Mana yang lebih dulu muncul, ayam atau telur? Pertanyaan tersebut sering ditujukan sebagai lelucon karena pada akhirnya tidak ada yang tahu jawabannya.

Bagaimana dari tanggapan para ahli? Apakah mereka dapat menjawab teka teki akan mana yang lebih dulu, ayam atau telur? Mereka juga memiliki teori mereka masing-masing.

Salah satu ahli paleontologgi dari Royal Belgian Institute of Natural Science, Koen Stein, menganggap kalau telur lebih dulu muncul sebelum ayam.

Baca Juga: Andre Rosiade Puji Prabowo Subianto Pemimpin Berhati Tulus dan Pekerja Keras, Ini Komentar Warganet

Dikutip dari Live Science, dia mengatakan bahwa sebelum telur berevolusi menjadi bentuk cangkang keras yang kita ketahui sekarang, mereka hanyalah sel kelamin betina.

“Telur adalah langkah penting dalam evolusi (vertebrata), karena memungkinkan amnion untuk bergerak semakin jauh dari air,” kata Koen Stein.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Biology, burung tidak muncul dalam catatan fosil hingga pertengahan dan juga akhir zaman Jurassic yang berkisar 165 juta tahun lalu.

Baca Juga: Haru! Seorang Pria Bantu Selamatkan Anak-anak Anjing yang Terkubur Gempa Turki

Alhasil, menurut Stein, telur datang lebih awal dari ayam. Namun mungkin telur dulu tidaklah sekeras sekarang dan memiliki tekstur yang lebih lunak.

Telur yang lunak ini juga menjadi hal yang mempersulit para peneliti untuk mempelajari hewan-hewan yang lebih tua lagi dari dinosaurus. Karena telur akan larut dengan tanah dan tidak terawetkan.

Namun jawaban yang berbeda muncul kalau kita bertanya terkait telur ayam pertama yang ada di dunia.

Baca Juga: Disney Garap Sekuel Terbaru Frozen, Toy Story, dan Zootopia

Menurut sebuah artikel penelitian dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Science edisi 2022, ayam (Gallus gallus domesticus) merupakan hasil evolusi dari subspesies ayam hutan merah (Gallus gallus).

Manusia yang hidup di Asia Tenggara pertama kali memelihara ayam pada suatu saat di antara 1650 SM hingga 1250 SM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat