bdadinfo.com

Kunci Jawaban Halaman 226 Kelas 11 Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Evaluasi Drama Pentas Anak Putu Wijaya - News

Latihan Bahasa Indonesia Kelas 11 halaman 226 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban kelas 11 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Cakap Berbahasa dan Bersastra Indonesia SMA Kelas XI karya Rahmah Pirwahida dan Maman edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Latihan halaman 226 ini memuat materi tentang evaluasi dialog dan amanat dalam drama pentas berjudul "Anak" karya Putu Wijaya.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 11 Kurikulum Merdeka ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 213 Kurikulum 2013 Tugas Tokoh dalam Teks Biografi

Dalam drama pentas berjudul "Anak" karya Putu Wijaya, terdapat struktur drama yang terdiri atas tema, latar suasana, alur, dialog antratokoh, konflik, serta amanat.

Tema drama pentas berjudul "Anak" adalah sulitnya membiayai atau mendidik seorang anak hingga menjadi anak yang baik.

Latar drama pentas berjudul "Anak" adalah di ruang keluarga dengan satu kursi, tokoh ibu sedang duduk di kursi sedangkan tokoh anak bersimpuh di dekatnya, serta suasana padaa adegan drama terkesan kelam atau sendu.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 198 Kegiatan 2 Tugas Bab 6 Sastra dan Esai Kurikulum 2013

Alur drama pentas berjudul "Anak" adalah mundur, dengan tokoh yang menceritakan tentang tokoh lain di masa lampau terkait pengasuhan anak.

Dialog drama pentas berjudul "Anak" dilakukan oleh dua orang, yaitu tokoh Ibu dan tokoh Anak. Dialog menggunakan gaya bahasa yang santai serta mudah dipahami yang biasanya didengar di kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Kunci Jawaban Halaman 150 Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Langkah Menulis Teks Eksplanasi

Konflik drama pentas berjudul "Anak" adalah kekhawatiran mereka terhadap pembiayaan dan pengasuhan anak yang cenderung menuntut hal-hal yang dirasa mereka tidak mampu melakukannya.

Amanat drama pentas berjudul "Anak" adalah seorang anak harus berbakti kepada orangtua serta menghormati dan menyayangi mereka sebagaimana kasih sayang mereka kepada anak sejak di dalam kandungan hingga besar nanti. Begitu pula dengan orang tua, harus selalu sabar dalam menghadapi anak dan mengasuhnya dengan baik.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/MTs Halaman 151 Kurikulum 2013 Informasi Cerita Inspiratif

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat