bdadinfo.com

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 258: Makna Lagu Ebiet G Ade, Chrisye, Bimbo, Ully Sigar Rusady - News

Tugas 1 Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 258 Kurikulum 2013

- Kunci jawaban kelas 10 berikut dikutip dari Bahasa Indonesia Kelas X SMA/MA/SMK/MAK karya Suherli, dkk. edisi revisi 2017 Kurikulum 2013.

Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas 10 halaman 258 ini memuat materi tentang rekaman lagu Ebiet G Ade, Bimbo, Chrisye, dan Ully Sigar Rusady serta musikalisasi puisi.

Kunci jawaban Kurikulum 2013 Bahasa Indonesia kelas 10 ini pun menjadi bahan evaluasi untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Halaman 173: Menafsirkan Teks Cerpen Saat Ayah Meninggal Dunia

Tugas 1

Petunjuk

1. Carilah rekaman lagu Ebiet G. Ade, Bimbo, Chrisye, atau Ully Sigar Rusady. Kamu juga bisa mencari musikalisasi puisi-puisi karya Sapardi Djoko Damono, D. Zawawi Imron, Taufiq Ismail, dan lainnya yang banyak terdapat di internet.

2. Dengarkanlah lagu tersebut, kemudian berikan tanggapanmu tentang musikalisasi puisi tersebut dengan menggunakan tabel berikut. Berikan tanggapanmu, apakah makna puisi menjadi lebih mengena dibanding ketika dibacakan sebagai puisi?

Judul lagu Penulis Puisi Penyanyi Komentar
Ketika Kaki dan
Tangan Berkata
Taufiq Ismail Chrisye

Makna:

Setelah meninggal manusia akan dimintai pertanggungjawaban atas amal perbuatan yang dilakukan saat masih hidup. Seluruh tubuh manusia
akan bersaksi atas apa yang dikerjakan. Pesan itu menjadi semakin
menyentuh hati ketika dinyanyikan dengan iringan musik yang sesuai. Pesan penyair juga mudah diingat
dan tersebar luas setelah dinyanyikan dibandingkan pesan penyair dalam puisi lain yang tidak dijadikan lagu.

Berita kepada Kawan Ebiet G. Ade Ebiet G. Ade

Makna:

Lagu ini ditulis karena terinspirasi dari bencana alam gas beracun di Kawah Sinila, Dieng tahun 1979. Karena bencana alam, banyak yang kehilangan keluarga maupun harta benda. Namun, tidak ada yang tahu penyebab utama bencana itu terjadi. Mungkin bencana alam adalah teguran Tuhan kepada umat manusia karena segala tingkah lakunya yang buruk kepada sesamanya dan alam.

Balada Tanah Kering Ully Sigar Rusady Ully Sigar Rusady

Makna:

Kemarau panjang akan mengakibatkan kekeringan ekstrem yang melanda para penghuni desa, terutama petani. Kehidupan penghuni desa akan menjadi sengsara, apalagi angin yang berembus cukup kencang dan kering.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat

Hak Cipta © 2024. Seluruh Hak Dilindungi.Sitemap