bdadinfo.com

Sikap Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal, Kunci Jawaban PKn Kelas 7 Semester 2 Halaman 108 - News

Uji Kompetensi PKn kelas 7 Semester 2 halaman 108 Kurikulum Merdeka

- Kunci jawaban PKn kelas 7 berikut dikutip dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VII karya Zaim Uchrowi dan Ruslinawati edisi 2021 Kurikulum Merdeka.

Kunci jawaban PKn kelas 7 halaman 108 Uji Kompetensi Bab 5 ini memuat materi tentang sikap menghargai lingkungan dan budaya lokal.

Kunci jawaban PKn kelas 7 Semester 2 halaman 108 Kurikulum Merdeka ini untuk menelaah tingkat pemahaman siswa tentang materi tersebut.

Baca Juga: Upaya Bangsa Indonesia Mencapai Cita-Cita Nasional, Kunci Jawaban PKn Kelas 9 Halaman 36 Tugas Mandiri

Uji Kompetensi

1. Vera tinggal di perkampungan yang padat di kota, sedangkan Dian tinggal di pedesaan. Jalan di daerah tempat tinggal Vera berupa gang-gang sempit, dengan selokan yang berair kotor kehitaman dan banyak sampah. Sedangkan di daerah Dian banyak kebun yang kurang terurus dengan jalanan tanah berbatu. Apa yang kalian sarankan untuk mengembangkan lingkungan tempat tinggal Vera dan Dian?

Kunci jawaban:

Di lingkungan tempat tinggal Vera, disarankan untuk melakukan program gotong royong membersihkan selokan air dari lumpur dan sampah sehingga nantinya aliran air lancar dan tidak berbau. Gang-gang sempit juga bisa dimanfaatkan sebagai taman minimalis, seperti membuat pot-pot kecil dari daur ulang gelas atau botol yang kemudian diwarnai dan digantung di dinding-dinding gang sempit. Pot-pot itu juga ditanami tumbuhan herbal atau bunga-bunga yang perawatannya mudah, seperti bunga mawar, kecubung, dan alamanda.

Sementara di lingkungan tempat tinggal Dian, disarankan untuk membuat program perawatan kebun dan jalan. Kebun-kebun yang diurus dengan perbaikan media tanam, penambahan pupuk, serta irigasi yang cukup. Jalanan pun diperbaiki dengan penambalan lubang dan perataan jalan yang berbatu agar transportasi menjadi lancar. Semua itu bisa dikerjakan dengan aksi gotong royong antara pemerintah setempat dan warga sekitar, baik di lingkungan Vera maupun Dian.

Baca Juga: Literasi Digital Kebhinekaan Negara, Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 135 136 Kurikulum Merdeka

2. Banyak remaja saat ini yang gemar makanan kekinian seperti fried chicken, burger, hingga minuman bubble dan sebagainya yang dijual oleh resto-resto modern bermerek asing, dan merasa malu membeli makanan tradisional. Padahal para ahli kuliner dunia menyebut makanan kekinian itu junk food yang tidak sehat atau ‘makanan tidak sehat/kurang nutrisi’. Mereka sangat menghargai makanan tradisional karena masing-masing sangat khas.

Menurut kalian, mengapa banyak remaja menyukai makanan tidak sehat tersebut? Sikap kalian sendiri bagaimana terhadap makanan tradisional yang dihargai para ahli kuliner dunia?

Kunci jawaban:

Banyak remaja menyukai makanan tidak sehat tersebut karena mereka mengikuti tren kekinian yang dipelopori oleh idola terkenal, sehingga mereka merasa keren jika bisa membeli dan memakannya. Sikap saya terhadap makanan tradisional adalah merasa bangga karena para ahli kuliner dunia justru menghargai makanan tradisional, khususnya khas Indonesia, yang tidak hanya sehat tetapi juga bisa melestarikan nilai budaya dalam bentuk makanan khas. Selanjutnya, saya harap makin banyak orang yang lebih memilih makanan tradisional serta mengembangkannya menjadi makanan khas yang kekinian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat