bdadinfo.com

SD Negeri 23 Painan Utara Kabupaten Pesisir Selatan Jadikan Tahfidz Quran Salah Satu Program Unggulan - News

Kepala SDN 23 Painan Utara, Murdianto, MPd (Kominfo Pesisir Selatan)


- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 23 Setia Budi, Nagari Painan Utara, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, juga menjadikan Hafidz Qur'an sebagai program unggulan.

Upaya itu juga disejalankan dengan berbagai inovasi agar sekolah itu tetap menjadi unggulan melalui berbagai prestasi yang dimiliki siswa dan juga sekolah.

Hal itu diungkapkan Kepala SDN 23 Painan Utara, Murdianto, MPd, Selasa (11/7).

"Sebagai sekolah yang diunggulkan oleh masyarakat dan siswa, kami memang terus melakukan berbagai inovasi agar sekolah yang memiliki 482 orang siswa yang terbagi pada 19 rombongan belajar (rombel) ini tetap mampu mengukir berbagai prestasi baik di tingkat kecamatan, kabupaten, bahkan di tingkat provinsi," katanya.

Baca Juga: Uji Coba Pengaturan Jam Masuk Kerja di DKI Jakarta Akan Dimulai

Namun selain unggul di bidang akademisi, para siswa di sekolah itu juga unggul di bidang keimanan dan ketaqwaan. Sebab sekolah yang memiliki tenaga guru sebanyak 33 orang termasuk juga kepala sekolah itu, memiliki beberapa program ekstrakurikuler andalan.

"Diantaranya, pramuka, seni budaya, olahraga, MIFA, dan juga tahfidz quran," jelasnya.

Dia mengakui kepercayaan orang tua yang begitu tinggi untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah itu, menjadi tantangan tersendiri bagi dia bersama tenaga guru dan tenaga kependidikan lainnya.

"Sebab melalui kepercayaan itu, kita dari pihak sekolah harus pula mampu menjadikan anak-anak didik memiliki kualitas yang unggul sesuai dengan harapan orang tua," ucapnya .

Dikatakan juga bahwa kesuksesan itu tidak saja dilihat dari sisi akademisi.

Baca Juga: Identitas Presenter BBC dalam Kasus Jual Beli Foto Seksual Remaja Putri Bakal Dispill DPR Inggris

"Namun juga dilihat sejauh mana benteng keimanan dan ketaqwaan itu ditanamkan kepada siswa. Beranjak dari hal itu, sehingga lahirlah beberapa program unggulan ekstrakurikuler yang dijadikan sebagai pilihan di sekolah ini sebagaimana saya jelaskan tadi," ujarnya.

Ditambahkannya bahwa upaya itu memang mampu membuahkan hasil, sebab melalui program hafidz Qur'an, sudah ada siswanya yang memiliki hafalan hingga 8 juz.

"Tapi perlu saya sampaikan bahwa sekolah ini memiliki target semua siswa yang tamat di sekolah ini minimal hafidz Qur'an minimal 1 juz," harapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat