bdadinfo.com

Rahmah El Yunusiyyah, Wanita Sumbar Pertama yang Dianugerahi Gelar Honoris Causa dari Universitas Al-Azhar - News

 Rahmah el yunusiyyah (: youtube Nurul Hanifah)

- Syaikhah Hajjah Rangkayo Rahmah El-Yunusiyyah atau Rahmah El Yunusiyyah merupakan sosok wanita yang lahir di Padang Panjang, Sumatera Barat tepatnya pada 20 Desember 1900 silam.

Dirinya menjadi pencetus perguruan khusus putri yang dinamai Diniyah School Poetri yang kemudian membawanya dianugerahi gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Al AZhar Kairo pada tahun 1957.

Diniyah School Poetri didirikan oleh Rahmah El Yunusiyyah pada tahun 1923 yang menawarkan program pendidikan dengan integrasi antara pendidikan umum dan agama.

Baca Juga: Simple dan Bikin Nagih! Ini Resep Ayam Lado Mudo Khas Padang, Bisa Dicoba di Rumah

Perjuangan Rahmah El Yunusiyyah dalam memajukan kualitas pendidikan dan juga memajukan kaum perempuan juga diapresiasi Presiden B.J Habibie pada tahun 1999 dengan diberikannya Bintang Mahaputra Adipradana.

Dalam kesempatannya berkunjung ke Al Azhar pada saat menunaikan haji, Rahmah El Yunusiyyah juga mendapat gelar kehormatan Syaikhah.

Rahmah tercatat pernah berguru kepada Syekh Abdul Karim Amrullah yang juga merupakan ulama tersohor di Indonesia untuk memperdalam ilmu agama.

Dari pembelajaran secara privat tersebut, Rahmah El Yunusiyyah mengungkapkan berbagai persoalan terkait perempuan termasuk pendidikan bagi perempuan.

Inilah mulanya Rahmah El Yunusiyyah berpikir untuk mendirikan lembaga pendidikan khusus perempuan yang terpisah dari laki-laki.

Cita-cita tersebut muncul karena keresahan yang dirasakan oleh Rahmah El Yunusiyyah akan keadaan para kaum perempuan yang terbelakang pada saat itu, terutama dalam segi pendidikan.

Perguruan Diniyah Putri yang didirikannya bahkan masih tetap berdiri dari jenjang taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi walaupun sang pendiri sudah menjemput kematiannya.

Baca Juga: Bikin Bangga! Bawakan Lagu Daerah Sumbar Tak Tong Tong, Paduan Suara TRCC Raih Juara di Ajang Internasional

Nama Rahmah El Yunusiyyah mungkin tidak setenar RA Kartini, namun gagasan serta inovasinya dalam bidang pendidikan tentu sangat berjasa bagi perempuan Indonesia.

Dirinya menjadi perempuan pertama di masa awal abad ke 20 yang mempelopori pendidikan bagi kaum perempuan khususnya di daerah Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat